Dijanjikan Dinikahi, Tiga TKW Kena Tipu

61
GELAR PERKARA : Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Heny Widyanti Saat mengintrogasi TersangkaTABAH RIYADI / RADARSEMARANG.ID,
GELAR PERKARA : Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Heny Widyanti Saat mengintrogasi TersangkaTABAH RIYADI / RADARSEMARANG.ID,

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG- Supriyadi, 39, warga Dusun Tlangu, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal terancam mendekam jeruji besi selama empat tahun. Ia dibekuk jajaran Polres Temanggung karena diduga menipu tiga tenaga kerja wanita (TKW) dengan modus akan dinikahi.

“Modus yang digunakan tersangka yakni berjanji akan menikahi korban, bahkan para korban juga sempat diajak berhubungan badan,” ucap Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Heny Widyanti, Selasa (19/3).

Kejadian tersebut berawal dari pertemanan tersangka dengan korban berinisial R warga Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, melalui media sosial Facebook. “Dari pertemanan tersebut tersangka menjalin kedekatan dengan korban dan sempat meminjam uang korban untuk membeli sepeda motor sebesar Rp 35 juta,” tuturnya.

Usai meminjami uang kepada tersangka, korban pergi ke Taiwan untuk bekerja mejadi seorang TKW. “Saat di Taiwan, tersangka juga meminta uang kepada korban dengan alasan akan digunakan untuk membuka usaha. Namun demikian ternyata uang tersebut digunakan untuk membayar utang oleh tersangka,” bebernya.

Mengetahui telah ditipu, korban segera melaporkan masalah tersebut ke Polsek Tembarak untuk mendapatan peradilan. “Dari hasil pemeriksaan korban sendiri telah meminjamkan uang sebesar Rp 150 juta,” bebernya.

Selain menipu R, tersangka juga telah menipu TKW asal Kabupaten Wonosobo berinisial SM dan TKW asal Jakarta berinisial NM. “Mereka berdua juga saya janjikan akan saya nikahi,” ucap Supriyadi.

Dari NM, tersangka juga sempat meminjam uang sebesar Rp 22 juta. Sedangkan SM diajak melakukan hubungan badan layaknya suami istri. “Yang sama NM saya hanya meminjam uang, tapi belum pernah ketemu sama sekali,” beber ayah dari tiga anaknya tersebut. (cr6/ton)