Magelang Kembangkan Layanan Flop Smart

55
PELATIHAN : Dosen FKIP memberikan pelatihan flop smart kepada guru BK SMK di Kabupaten Magelang Rabu (13/3) di kampus 1 UM Magelang. (IST)
PELATIHAN : Dosen FKIP memberikan pelatihan flop smart kepada guru BK SMK di Kabupaten Magelang Rabu (13/3) di kampus 1 UM Magelang. (IST)

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID— Perkembangan teknologi smartphone dimanfaatkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang untuk berinovasi. Salah satunya dengan mengembangkan praktik bimbingan dan konseling (BK) berbasis smartphone.

Melalui Program Kemitraan Universitas (PKU) mereka mengembangkan konsep ini bagi guru BK SMK di Kabupaten Magelang berbasis flop smart (from laptop to smartphone). Program diketuai oleh Drs Tawil, MPd dengan anggota Hijrah Eko Putro, MPd tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru BK dalam memanfaatan aplikasi komputer pada proses pembelajaran.

“Pelayanan guru kepada peserta didik diharapkan tidak hanya secara klasikal bertatap muka saja, tetapi juga harus tersedia instrumen pendukung lainnya. Lebih khusus, kinerja guru BK dalam pemanfaatan aplikasi komputer dalam rangka proses pembelajaran dan kompetensi guru BK,” ungkap Tawil saat pengabdian berlangsung pekan lalu (13/3) di ruang lab internet kampus 1 UM Magelang.

Kegiatan dihadiri 15 guru BK SMK di Kabupaten Magelang. Pada kesempatan tersebut peserta dikenalkan aplikasi flop smart. Di dalamnya
terdapat sistem google form dan juga barcode generator yang berfungsi untuk meningkatkan dan mempermudah pengelolaan administrasi BK.
Dengan teroptimalkannya aplikasi analisis flop smart peserta diharapkan mampu memanfaatkan aplikasi google form dan barcode generator sehingga dapat meningkatkan kepercayaan siswa dan masyarakat terhadap kinerja guru BK SMK Kabupaten Magelang. (vie/sct/lis)