Ada Duta Pelayanan dan Survei Kepuasan Warga

Melongok Inovasi Pelayanan di Kantor Kelurahan Pandean Lamper, Gayamsari

107
INOVATIF: Lurah Pandean Lamper Wiwara Mardikanti bersama perangkatnya. (kanan) Resepsionis dan Duta Pelayanan siap melayani warga dengan 3S.FOTO-FOTO: JOKO SUSANTO/RADARSEMARANG.ID,
INOVATIF: Lurah Pandean Lamper Wiwara Mardikanti bersama perangkatnya. (kanan) Resepsionis dan Duta Pelayanan siap melayani warga dengan 3S.FOTO-FOTO: JOKO SUSANTO/RADARSEMARANG.ID,

Kantor Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang memang beda. Kantor ini mirip bank ataupun kantor pelayanan publik lainnya. Ada ruang tunggu, resepsionis, nomor antri, ruang laktasi, minuman gratis, ruang baca, dan sebagainya.

JOKO SUSANTO

RADARSEMARANG.ID, KANTOR Kelurahan Pandean Lamper berlokasi di depan Lapangan Ganesha. Gedungnya cukup megah. Suasananya rindang oleh pemohonan hijau. Kantor ini dilengkapi fasilitas dan inovasi yang komplit. Lewat tangan kreatif Lurah Wiwara Mardikanti dalam memimpin kelurahan yang pernah meraih Rekor MURI Kampung Safety Riding tersebut, sedikitnya ada 20 inovasi disuguhkannya dengan nama ‘Inovasi Pelayanan Hebat’.

Dengan menerapkan semboyan “Perangkat Kelurahan adalah Pelayan Masyarakat”, lurah yang baru bertugas pada 13 September 2018 lalu ini memberikan inovasi seperti duta pelayanan, di mana salah satu pegawai rutin setiap harinya mengenakan slempang secara bergilir, seperti icon Putra dan Putri Indonesia. Duta pelayanan ini wajib menerapkan 3S, yakni senyum, salam dan sapa. Di kantor kelurahan ini, warga yang datang dilayani mengikuti nomor antrian. Meski antri, warga tetap rileks karena dilengkapi air mineral dan permen serta kursi tunggu, layaknya pelayanan di bank.

Menariknya lagi, yang biasanya ada ruang smoking area, Wiwara justru menyulapnya menjadi ruang laktasi yang diperuntukkan khusus bagi ibu menyusui dan hamil. Selain itu, bagi warga yang membawa anak kecil, kantor kelurahan yang terletak di RW 9 tersebut juga dilengkapi playground atau arena bermain anak. Di playground, terdapat permainan puzzle dan bongkar pasang piramida untuk mengasah otak anak.

Bukan hanya untuk menyamankan warganya, lurah kelahiran Semarang, 17 Agustus 1971 tersebut ternyata juga siap dengan segala kritik yang disampaikan warga. Ia menyediakan inovasi kotak saran dan memberikan inovasi kuisioner kepada warganya berupa survei kepuasan pelayanan. Nantinya apabila ada pelayanan yang kurang baik, akan ditegur secara langsung terhadap petugas yang jaga setiap harinya.

Bagi masyarakat umum yang mau datang ke wilayahnya juga disuguhkan brosur UMKM, kuliner, dan wisata kampung safety riding di wilayah tersebut. Para pengunjung juga bisa bersantai, karena di kantor kelurahan dilengkapi perpustakaan baca, termasuk terdapat koran Jawa Pos Radar Semarang. Ruang baca dihias akrilic kerajinan warga setempat. Kantor kelurahan dilengkapi area parkir luas. Ada juga fasilitas wifi gratis. Lokasi kelurahan asri dan hijau, dipenuhi bunga-bunga, sayuran, vertical garden dan pepohonan rindang. Ada pula tong sampah hampir di setiap sudut kantor.

Di setiap sudut juga dipasang imbauan berupa banner kawasan tanpa rokok, tolak korupsi dan gratifikasi, banner lapor Hendi, pendaftaran jaminan kesehatan, dan papan infromasi pengaduan dan perlindungan anak. Ada juga komponen pelayanan administrasi dan seluruhnya gratis, info banner laporan kota tangguh bencana dan alur sistem pelayanan.