Target Pajak Rp 960 Miliar

31

RADARSEMARANG.IDTEMANGGUNG-Kantor Pelayanan Pajak Pratama Temanggung berhasil mengumpulkan pajak sebesar Rp 794 miliar pada 2018 lalu. Jumlah ini mencapai 99,97 persen dari target Rp 800 miliar.

“Pendapatan di tahun 2018 sebesar Rp 794 milyar tersebut sudah memenuhi target nasional, ungkap Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Temanggung, Ananta Priyo Handoko.

Menurutnya, capaian tersebut tak luput dari wajib pajak yang secara sadar membayarkan kewajiban pajaknya secara tepat waktu. “Dengan hasil yang cukup memuaskan tahun lalu, maka di tahun ini menargetkan naik menjadi Rp 960 miliar, ini meningkat sebanyak 24 persen dari tahun lalu,” terangnya.

Terkait tunggakan wajib pajak, jumlahnya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan penerimaan. “Untuk tunggakan sendiri hanya sekitar Rp 10-15 miliar, itu juga semua tunggakan dari tahun lama dan perusahaannya banyak yang sudah tutup,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo mengimbau kepada para wajib pajak untuk patuh dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak. “Kegiatan pemerintahan dan pembangunan selama ini dibiayai anggaran yang salah satu di antaranya diperoleh dari sektor pajak, maka dari itu penting sekali peran wajib pajak untuk selalu taat membayarkan kuwajibannya,” ujarnya.

Oleh karena itu, melalui pekan panutan penyampaian SPT tahunan 2019 dan tax gathering diharapkan bisa merangsang para wajib pajak agar taat dan patuh dalam membayar pajak. (cr6)