Tangkal Hoaks, Cerdas Kelola Informasi

56

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Menjelang pemilu 2019, masyarakat terutama generasi milenial harus benar-benar menjaga stabilitas di Jawa Tengah. Diantaranya dengan cerdas dalam mengelola informasi sehingga tak termakan berita bohong atau hoaks. Jangan sampai pemilu 2019 terciderai dengan hoax.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mengatakan, semua elemen masyarakat harus ikut bertanggung jawab untuk menangkal hoaks, ujaran kebencian, politik suku-agama-ras-dan antargolongan (SARA), dan politik uang (money politic). Jangan mudah terprovokasi dan harus menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI.

“Dengan menangkal hoaks, ujaran kebencian, politic SARA dan money politic, maka nantinya yang terjadi pada Pileg dan Pilpres 2019 adalah damai, bertanggungjawab, dan jurdil. Saya yakin Jawa Tengah dapat melawan itu semua,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinoeng Noegroho Rahmadi menyatakan, peran pemuda dalam konteks demokrasi sangatlah krusial. Hal itu karena pemuda nantinya sebagai tulang punggung negara untuk tahun-tahun berikutnya. Kalau bukan pemuda, siapa lagi penentu keberhasilan negara ke depannya. “Pemuda adalah tetaplah mengambil peran-peran untuk apapun karena konteks kepemudaan setiap jam selalu ada perannya dan setiap peran dari pemuda memiliki posisi yang menentukan,” katanya. (fth/zal)