Pupuk Rasa Nasionalisme

99
Maharani Lintang Siwi.DOKUMEN PRIBADI
Maharani Lintang Siwi.DOKUMEN PRIBADI

RADARSEMARANG.ID, BERAWAL dari mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kota Semarang, Maharani Lintang Siwi terpilih pada 2011. “Saat ini aktif di PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kota Semarang sebagai bendahara, selain kegiatan pengibaran yang selalu dilaksanakan saat 17 Agustus ada kegiatan sosial yang diadakan oleh organisasi,”jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menceritakan saat latihan menghadapi hari besar ketika bertugas di bulan puasa. “Saat latihan untuk tugas 17 Agustus 2011 lalu tantangannya panas yang luar biasa, harus rela kulit hitam bahkan ada beberapa bagian sampai kulit terbakar, dan 2 minggu terakhir latihan sampai hari H sambil puasa dan setelah pengibaran pun gak bisa minum ataupun makan karena masih keadaan puasa,”cerita perempuan yang hobi traveling ini.

Menjadi pasukan pengibar bendera memang tidak mudah. Banyak sekali peraturan yang harus dipatuhi. Bahkan mereka harus menyiapkan bakat yang dimiliki dan dibagikan di depan teman-teman lain. “Yang pertama tingginya mencukupi untuk putri minimal 163 untuk putra minimal 170. Kedua harus nyiapin fisik kuat dan selalu fit, karena berdiri lama di lapangan dengan cuaca Semarang yang luar biasa panas, jangan lupa siapin bakat juga dan pengetahuan,”ungkapnya sambil tertawa mengingat masa susah menjadi Paskibraka.

Ketika latihan dirinya juga mengaku tidak memakan gorengan hingga minum es. “Iya benar itu akan berpengaruh untuk kesehatan, bisa jadi kita tidak kuat berdiri atau gampang dehidrasi,”katanya.
Rasa nasionalisme sudah tumbuh di diri Lintang –sapaan akrabnya. Ia mengaku sedikit kecewa dengan generasi milenial yang kurang adanya rasa nasionalisme. Seperti contoh melakukan upacara di setiap hari senin. “Masih banyak yang mengeluh kalau suruh upacara senin, itu saja sudah males. Padahal itu salah satu cara kita menghargai pahlawan. Jadi, tolong temen-temen milenial yang masih sekolah semangat ketika upacara,”harapnya. (cr5/aro)