Perlintasan Waru Butuh Flyover

63
RAWAN LAKA: Jalan Raya Waru Lor butuh flyover untuk mengurangi kecelakaan dan kemacetan di sekitar perlintasan tersebut. (ISTIMEWA)
RAWAN LAKA: Jalan Raya Waru Lor butuh flyover untuk mengurangi kecelakaan dan kemacetan di sekitar perlintasan tersebut. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi akan mengusulkan pembangunan flyover di perlintasan kereta api yang berada di Jalan Raya Waru Lor, Desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa. Kajian dan survei sudah dilakukan, ternyata tingkat kecelakaan diperlintasan kereta api tersebut sangat tinggi.

Bahkan Polres Pekalongan melalu Sat Lantas Polres Pekalongan, menempatkan dua orang personelnya pada jam-jam padat, untuk mengatur lalu lintas agar tidak macet serta terjadi kecelakaan lalu lintas. Kondisi tersebut diperparah dengan minimnya kesadaran tertib berlalu lintas, yakni sering menyerobot meski palang pintu rel KA sudah dipasang.

“Memang banyak terjadi kecelakaan di perlintasan kereta api Waru Lor karena posisi perlintasan kereta api melintang dan hampir sejajar dengan jalan raya sehingga banyak pengguna jalan terpeleset dan jatuh, saat melintas di atas rel kereta api tersebut,” ungkap Bupati Asip, Kamis (14/03) kemarin.

Bupat juga mengatakan padatnya mobilitas masyarakat ke Kabupaten Pekalongan, dan banyak mahasiswa yang menuntut ilmu di IAIN Pekalongan yang ada di Kecamatan Kajen, membuat angka kecelakaan semakin tinggi. Disamping itu badan jalan di sekitar perlintasan sangat kecil, sehingga sulit untuk persimpangan dua mobil dalam dua arah.

Menurutnya kemacetan yang terjadi saat kereta melintas, dan menjadi hambatan para pengguna jalan. “Usulan yang kami ajukan merupakan tindak lanjut, atas keluhan penggunaan jalan yang setiap hari melintas di Jalan Raya Waru Lor. Maka usulan tesebut, sudah kami sampaikan dan direspon langsung oleh Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, semoga saja segera dilakukan koordinasi dan direalisasikan,” kata Bupati Asip.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan ketika dikonfirmasi menegaskan untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan lalu lintas karena kepadatan arus lintas yang ada di perlintasan kereta api Jalan Raya Waru Lor, pihaknya setiap hari menempatkan personel Sat Lantas, untuk mengatur lalu lintas di perlintasan tersebut.

“Ada dua anggota yang setiap hari kami tempatkan di perlintasan kereta api Jalan Raya Waru Lor, kondisinya memang padat dan rawan kecelakaan, maka setiap hari kita perbantukan petugas di sana,” tegas Wawan. (thd/bas)