Lebih PD dengan Public Speaking

88
Anida Hana Saraswati (DOKUMEN PRIBADI)
Anida Hana Saraswati (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.ID, BAGI Anida Hana Saraswati melatih public speaking ternyata bisa membuatnya lebih percaya diri (PD). Gadis yang akrab Disapa Anisa ini dengan modal kepercayaan dirinya, berhasil menjadi Juara I Duta Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Unnes) sekaligus Duta Unnes.

“Pada awalnya saya merupakan orang yang sangat pemalu, saya tidak merasa percaya diri apabila dilihat banyak orang dan saya merupakan orang yang introvert,” kata mahasiswi jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi Unnes.

Dara kelahiran Kabupaten Semarang, 27 Juni 1998 ini, kemudian sadar jika mengembangkan potensi yang ada di dalam diri merupakan sesuatu yang harus dilakukan agar bisa menjadi orang yang maju dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman ini. “Meskipun teknologi sekarang maju, namun harus punya kemampuan komunikasi atau public speaking,” ujarnya.

Anisa mengenang, kemampuan public speaking menjadi point yang sangat penting dan dibutuhkan di era milenial ini. Berawal dari mengikuti ajang pemilihan putra-putri kampus atau yang sekarang disebut sebagai duta kampus memberikan efek yang sangat luar biasa terutama bagi dirinya. Secara tidak langsung ia dipaksa untuk bisa berbicara di depan umum dan merangkai kata-kata yang baik dan sopan.

“Di samping itu, banyaknya acara-acara di kampus yang melibatkan orang-orang penting dan terhormat seperti rektor, bupati, dan gubernur, membuat saya tertantang untuk lebih mengasah kemampuan public speaking,” katanya.

Menurut Anisa, memiliki kepribadian introvet bukan berarti individu tersebut lemah, melainkan memiliki cara pandang dan berkomunikasi yang berbeda. Untuk mengasah kecakapan dalam berbicara dan berlatih berpikir kritis, Anisa mengau mencoba bergabung dengan forum-forum diskusi kecil. Misalnya, dalam lingkup kelas dan kelompok organisasi. “Kemampuan soft skill menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat penting, salah satunya memiliki public speaking yang baik,” ucapnya. (den/aro)