Empat Wisatawan Tewas saat Tubing

Satu Korban WNA Malaysia

73

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID –Empat wisatawan tewas dalam kecelakaan air saat bermain tubing di objek wisata Little Ubud Tubing Kaligono, Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Korban diketahui hanyut usai terseret derasnya aliran di Kali Gono, Rabu sore (13/3). Salah satu korban meninggal merupakan warga negara asing (WNA) Malaysia.

Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Rabu (13/3), di ruang jenazah RSUD Muntilan mengungkapkan, kecelakaan air ini menimpa rombongan wisata dari agen wisata dari berbagai kota yakni Semarang, Yogyakarta, Jakarta, dan Malaysia. Rombongan wisata ini sedang mencoba wisata tubing air dengan salah satu operator di Magelang.

“Sekitar 12 orang kemudian istirahat dan turun pada saat itu, tiba-tiba ada banjir bandang dan hanyut. Kemudian ditemukan empat orang meninggal dunia dan lainnya selamat. Ada salah satu korban perempuan meninggal WNA asal Malaysia,” katanya.

Korban ditemukan sekitar satu kilometer dari titik kejadian. Mereka adalah Jully, 41, warga apartemen Palm Mansion Tower Kalideres Jakarta Barat; Tantri Ariestiewati, 51, warga Jalan Janur Asri 9 QK 18 Nomor 20 Kelapa Gading Jakarta Utara; Sicilia Mantjoeng, 48, warga Manggarai Selatan 1/7 Tebet Jakarta Selatan. Sementara korban perempuan WNA Malaysia adalah Hanizah, 66, warga Selangor Malaysia.

Selain korban tewas, ada lima lainnya yang mengalami luka dan dirawat di RST dr Soejono Magelang. Korban yang meninggal disebabkan karena tergulung arus sungai dengan adanya luka-luka akibat benturan batu-batu sungai,” ujarnya.

Yudianto menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kejadian. Terkait adanya unsur kelalaian dalam kejadian tersebut, pihaknya akan memanggil operator tubing dan mengkonfirmasi SOP penyelenggaraan tubing tersebut. Satu orang sudah diperiksa di Polsek Muntilan untuk memastikan penyebab kejadian.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto, menambahkan, kecelakaan air terjadi terhadap rombongan wisata yang sedang menikmati tubing air di Kali Gono Desa Tampir Wetan Kecamatan Candimulyo. “Kejadian terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Sedangkan korban yang meninggal ditemukan pada pukul 16.12 WIB. Korban terseret cukup jauh hingga ke pertemuan antara Kali Gono dan Kali Elo,” bebernya. (had/ton)

Sumber : Diolah dari berita