Bangun Gardu Pandang di Taman

77
BERSIH DAN HIJAU : Ketua RW 7 Kelurahan Tandang sedang menjelaskan sejumlah program kepada juri Lomba Kampung Hebat 2018-2019.PRATONO/RADARSEMARANG.ID,
BERSIH DAN HIJAU : Ketua RW 7 Kelurahan Tandang sedang menjelaskan sejumlah program kepada juri Lomba Kampung Hebat 2018-2019.PRATONO/RADARSEMARANG.ID,

RADARSEMARANG.ID, TEMBALANG—Warga RW 7 Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang selalu bergotong royong untuk membangun kampung. Berbagai program dilaksanakan demi mewujudkan Kampung Bersih dan Hijau.

Ketua RW 7 Kelurahan Tandang Tugiyono menjelaskan, warga bersama-sama menanam berbagai macam tanaman hias dan tanaman obat keluarga (toga) di lingkungan masing-masing. Begitu juga taman di dekat gedung PAUD, juga dipercantik.

“Rencananya kami akan membangun gardu pandang di taman, sehingga bisa jadi tempat wisata selfi karena pemandangannya memang bagus,” tuturnya.

Demi membangun kampung, warga juga tak segan-segan mengumpulkan dana. Contohnya untuk membeli motor roda tiga sebagai pengangkut sampah. “Secara swadaya warga iuran hingga mampu beli motor sampah seharga Rp 26 juta,” jelas Tugiyono yang juga mengikuti kategori Personal ini.

Ia mengakui, untuk menggerakkan semua warga kerja bakti memang tidak mudah. Ketika ada kesepakatan tentang jadwal kerja bakti, tentu ada warga yang tidak bisa ikut. Bisa saja mereka telah memiliki acara lain sehingga tidak bisa bergabung dengan warga lainnya untuk kerja bakti.

“Warga yang tidak ikut kerja bakti tidak kita kucilkan. Mungkin mereka memang ada agenda lain dan di waktu lain bisa ikut kerja bakti bersama warga lainnya,” jelasnya. (ton)