Wujudkan Wisata Kampung Sawah

65
KAMPUNG SAWAH : Perangkat kelurahan dan pengurus RW 05 Kelurahan Podorejo di lokasi yang akan dijadikan wisata pemandangan sawah. (IST)
KAMPUNG SAWAH : Perangkat kelurahan dan pengurus RW 05 Kelurahan Podorejo di lokasi yang akan dijadikan wisata pemandangan sawah. (IST)

RADARSEMARANG.ID, NGALIYAN-Munculnya desa-desa wisata di Kota Semarang memicu keinginan kuat warga Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan membuat desa wisata sesuai potensi yang dimilikinya. Suasana Kelurahan Podorejo di ujung Barat Kecamatan Ngaliyan yang berbatasan dengan wilayah Kaliwungu Kabupaten Kendal masih asri. Perkampungan dan persawahan dinilai layak jual untuk dijadikan obyek wisata.

“Kami sudah sepakat akan membuat wisata pemandangan sawah. Ide ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak Kelurahan Podorejo dan kini juga sudah kita setor atau daftarkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang,” ucap Ketua RW 5 Kelurahan Podorejo, Ghufron.

Ghufron menjelaskan, wisata kampung sawah di Kampung Bersih dan Hijau ditargetkan bisa terwujud tahun 2019 ini. Kini pihaknya juga telah memilih lokasi yang menjadi pusat objek wisata kampung sawah.

“Di sini nanti kita bangun semacam joglo disertai gazebo-gazebo yang kita desain model tradisional. Belum lama ini memang sudah viral wisata masjid kapal di kampung sini. Adanya wisata kampung sawah ini nantinya bisa jadi alternatif wisata warga perkotaan yang penat akan rutinitas kerja sehari-hari,” ungkapnya.

Masih menurut Ghufron, saat ini pihaknya telah membuat taman-taman tanaman obat keluarga (toga) dan tanaman hias di areal tanah fasilitas umum, mempecantik sepanjang jalan gang-gang atau kampung serta meminta warga untuk memelihara tanaman di halaman rumah atau pekarangan masing-masing.

Lurah Podorejo Sri Hartini mengaku mendukung keinginan kuat warga memiliki Desa Wisata Kampung Sawah. Ia juga menuturkan, dengan adanya wisata kampung sawah tersebut, UMKM dan industri rumahan di wilayah Podorejo bisa tumbuh. “Jika nantinya banyak yang berkunjung ke sini, produk-produk lokal warga laku, tentu ekonomi tumbuh, kesejahteraan masyarkat meningkat,” harapnya. (san/ton)