Cegah Lunturnya Nilai-Nilai Pancasila

63
SOSIALISASI: Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PDIP, Daryatmo Mardiyanto memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Balai Desa Prampelan, Kecamatan Sayung kemarin. (WAHIB PRIBADI/RADARSEMARANG.ID)
SOSIALISASI: Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PDIP, Daryatmo Mardiyanto memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Balai Desa Prampelan, Kecamatan Sayung kemarin. (WAHIB PRIBADI/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Kekhawatiran terkait dengan lunturnya nilai-nilai kebangsaan menjadi perhatian serius DPR. Salah satu caranya adalah terus menggencarkan sosialisasi Pancasila kepada masyarakat hingga ke pelosok desa.

Demikian disampaikan anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PDIP, Daryatmo Mardiyanto dihadapan para pemuda di Balai Desa Prampelan, Kecamatan Sayung kemarin. Menurutnya, sosialisasi Pancasila sudah dilakukan setidaknya sembilan tahun terakhir.

“Ini terus kita lakukan, utamanya oleh para anggota DPR RI. Kita di DPR bertanggungjawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar nilai-nilai Pancasila tetap bisa membumi,” kata Daryatmo.

Dalam sosialisasi yang dilakukan tetap berpegangan pada ketentuan baku. Yaitu, mengenalkan kembali empat pilar kebangsaan berupa Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Dengan memahami pilar pilar tersebut, maka bangsa Indonesia tetap bisa dijaga dengan baik.
Menurutnya, membangun keyakinan nilai Pancasila dalam mempertahankan bangsa dan Negara dari upaya gangguan sangat diperlukan. “Ini menjadi kewajiban kita semua supaya bangsa ini dalam menjaga keutuhan bangsa,” katanya.

Ketua panitia, Ali mengungkapkan, pengamalan nilai nilai 4 pilar di pedesaan menjadi perekat utama tali persaudaraan. “Karena itu, sosialisasi 4 pilar ini menjadi sarana pengingat kita agar terus belajar dan mengamalkan nilai-nilai tersebut. Sebab, sudah lama tidak baca Pancasila. Disinilah, kita berupaya menggugah kembali semangat nasionalisme serta patriotism bansga,” katanya.

Kepala Desa Prampelan, Subhan menambahkan, pembekalan nilai Pancasila untuk para pemuda sangat dibutuhkan. “Dengan adanya sosialisasi ini, tentu dapat menguatkan rasa kebangsaan para pemuda di Desa Prampelan ini,” ujar dia. (hib/sct/bas)