Daftar Ranking Liga di Asia, Wakil Indonesia Kian Sulit ke LCA

164

JawaPos.com – Perjuangan wakil Indonesia untuk bisa mentas di Liga Champions Asia (LCA) akan kian berat. Hal itu setelah AFC baru saja merilis ranking kompetisi-kompetisi di Benua Kuning.

Meski belum secara resmi, tapi sudah beredar soal daftar ranking kompetisi negara-negara di Asia. Dalam bocoran yang sudah beredar merupakan daftar ranking klub-klub yang berjuang untuk lolos langsung LCA 2021-2022 dan tim yang harus berjuang melalui play-off.

Saat ini, kompetisi di Tiongkok memimpin disusul Korea Selatan, Jepang, Thailand, Australia, dan Filipina. Sementara Singapura, Malaysia, Hongkong, Korea Utara, dan Myanmar adalah enam kompetisi berikutnya di dalam daftar.

Daftar Ranking Liga di Asia, Wakil Indonesia Kian Sulit ke LCA

Ranking liga-liga di Asia (Istimewa for JawaPos.com)

Keenam negara itu masuk dalam slot play-off LCA. Sedangkan Indonesia berada di urutan ke-13. Berarti wakil Indonesia harus berjuang dari babak kualifikasi pertama untuk bisa lolos ke LCA.

Daftar ini memang bukan resmi dari AFC. Induk sepak bola Asia itu baru akan mengumumkan daftar resminya pada November 2019.

Pada kompetisi tahun ini, Persija Jakarta yang berjuang ke LCA juga mengawalinya dari kualifikasi pertama. Mereka juga harus selalu bermain tandang karena peringkat kompetisi berada di bawah hingga akhirnya kalah di tangan wakil Australia.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Indra Eka Setiawan