KPU Temanggung Masih Kekurangan Surat Suara

170
SIBUK : Para petugas penyortir mengecek kelayakan surat suara di GOR Tenis Indoor Temanggung. (Tabah Riyadi/Radarsemarang.Id)

RADARSEMARANG.ID,TEMANGGUNG– Proses penyortiran surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 elah dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung. Penyortiran surat suara tersebut merupakan bagian upaya untuk memastikan surat suara dalam kondisi layak dan sesuai prosedur Pemilu.
“Kami kerahkan 350 tenaga penyortir untuk memastikan surat suara dalam kondisi utuh tanpa cacat,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Temanggung, M Yusuf Hasim.

Menurutnya ada beberapa kriteria surat suara yang tidak layak untuk digunjakan dalam pemilihan. Di antaranya, surat suara berlubang, gambar dan tulisannya tidak jelas, bekas lipatan saat berada di percetakan, terdapat noda dan beberapa lainnya. Selain itu, proses penyortiran sendiri dilakukan di GOR Tenis indoor Kabupaten Temanggung dengan penjagaan ketat kepolisian. Sedangkan untuk penyortiran, dari 350 petugas, dibagi menjadi 35 kelompok.

Disampaikan juga sampai saat ini baru ada empat jenis surat suara yang sampai di Temanggung. Yakni surat suara untuk presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Kabupaten Temanggung dan DPRD provinsi. Yusuf juga mengungkapkan jumlah surat suara tersebut masih kurang. Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) per tempat pemungutan suara kali dua persen DPT yang berjumlah 615.548, KPU Temanggung hanya mendapatkan jatah surat suara 614.356 di masing-masing jenis surat suara. Masih kurang 1.192. (cr6/lis)