Teknologi Ancam Ketahanan Keluarga

34
PKK JANGKAU RUMAH : Kader PKK dinilai memiliki peran penting di dalam kehidupan bermasyarakat karena bisa menjangkau hingga ke rumah-rumah. (SIGIT ANDRIANTO/RADARSEMARANG.ID)
PKK JANGKAU RUMAH : Kader PKK dinilai memiliki peran penting di dalam kehidupan bermasyarakat karena bisa menjangkau hingga ke rumah-rumah. (SIGIT ANDRIANTO/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Perkembangan teknologi telah menggeser hubungan dalam keluarga. Teknologi telah mengurangi kontak maupun interaksi di dalam keluarga.

”Ini potensi menurunkan ketahanan keluarga. Saya terkadang juga introspeksi diri, apakah sentuhan langsung dengan anak dan suami sudah cukup,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo, dalam Rapat Dewan Pembina TP-PKK Jawa Tengah di Aula Dispermadesdukcapil, Senin (18/2).

Atikoh menekankan, jangan sampai teknologi membuat penggunanya dekat dengan yang jauh, namun menjauhkan yang dekat. Harusnya, teknologi mendekatkan yang jauh dan membuat semakin erat yang sudah dekat.

”Memang tidak bisa mengabaikan teknologi. Karena itu, ini harus disiasati agar ikatan di dalam keluarga kuat, tapi tetap tidak ketinggalan zaman. Kader PKK perlu pelatihan IT untuk itu,” jelasnya di depan Gubernur Ganjar Pranowo.

Gubernur Ganjar menyampaikan himpitan teknologi membuat tugas PKK semakin berat. Utamanya dalam upaya pembentukan keluarga kuat di masyarakat. Dalam hal ini, ia menekankan pentingnya peningkatan kapasitas para kader PKK dalam bidang teknologi informasi. ”Nantinya, melalui kerjasama dengan OPD, para kader PKK dapat mendorong terciptanya keluarga yang kuat. Karena keluarga kuat negara hebat,” ujarnya.

Gubernur mengapresiasi peran penting PKK. Sejauh ini, ia melihat masih banyak yang abai terhadap eksistensi PKK. Padahal sebenarnya, sangat banyak peran yang telah dilakukan PKK dalam masyarakat. Mendekati pemilu, bicara ideologi, bicara keamanan, maka pemerintah bisa kerjasama dengan PKK hingga ke rumah-rumah, ke posyandu, atau ketika PSN. “PKK bisa menyampaikan dengan baik,” jelasnya dengan menambahkan peran PKK lainnya, seperti pencegahan stunting, DBD dan beberapa hal lainnya. (sga/ida)