Dana Pelatnas SEA Games 2019 Belum Cair, Ini Alasan Kemenpora

141

JawaPos.com – Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum mencairkan dana pelatnas SEA Games 2019. Ini dikarenakan banyaknya proposal yang harus direvisi.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti mengatakan belum turunnya dana pelatnas karena pihaknya masih terus merevisi perihal nama-nama atlet senior yang tetap tercantum. Padahal dalam ketentuannya, Kemenpora telah menetapkan untuk menurunkan 60 persen atlet pelapis dan 40 persen atlet senior di SEA Games 2019.

“Perhitungan kami, atletnya yang dikirim. Karena itu sudah kebijakan. Untuk SEA Games, itu tidak jadi fokus utama kami lagi, lebih memberikan kesempatan kepada atlet junior,” ujarnya di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Menurutnya ada sekitar 20 proposal yang masih dalam verifikasi. Dari seluruhnya, hampir semua mengalami kekeliruan yang sama.

“Kami ingin atlet-atlet pelapis itu betul-betul turun dalam SEA Games. Karena konsepnya itu 60 persen atlet junior dan 40 persen atlet senior. Itu yang kami mau hitung,” paparnya.

Penekanan ini dilakukan guna memberikan kesempatan kepada para atlet muda. Pasalnya untuk tingkatan senior, jika melihat hasil Asian Games 2018 lalu persaingannya sudah berada di level Asia.

“Kami berharap, cabang-cabang yang tidak linear dengan Asian Games. Kemarin kita sudah peringkat empat di Asian Games. Kami berharap atlet pelapisnya yang turun di SEA Games,” tutupnya.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Isa Bustomi