Aset Bank Jateng Tumbuh Positif

112
SINERGI MEDIA : Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Suharto usai melakukan media gathering dengan pimpinan redaksi media massa, online dan televisi, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/RADARSEMARANG.ID)
SINERGI MEDIA : Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Suharto usai melakukan media gathering dengan pimpinan redaksi media massa, online dan televisi, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Kinerja Bank Jateng tahun 2018 lalu, berada pada jalur yang positif. Buktinya, pertumbuhan aset yang dimiliki pada tahun 2018 lalu sebesar 8,39 persen dari tahun sebelumnya.

Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Suharto mengatakan bahwa pada tahun 2017, realisasi aset Bank Jateng berada di angka Rp 61,4 triliun. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 8,39 persen pada tahun ini. “Realiasi aset sampai Desember 2018, naik menjadi Rp 66, 6 triliun dari reliasasi tahun 2017,” katanya saat Media Gathering di IBC, kemarin.

Selain aset, kenaikan dana pihak ketiga juga mengalami pertumbuhan sebesar 1,06 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang hanya Rp 44,6 triliun. Atau teralisasi sebesar Rp 45,1 triliun. “Untuk penyaluran kredit juga mengalami kenaikan realisasinya Rp 45,8 triliun atau tumbuh 8,13 persen dari realisasi periode sama 2017,” ucapnya.
Kenaikan penyaluran kredit Bank Jateng, jelas Suharto, disumbang dari sektor sindikasi kredit yang dilakukan dengan BUMN. Misalnya dalam pembangunan tol yang ada di Jateng, sehingga pertumbuhan kredit mengalami kenaikan.
“Terkait laba usaha periode 31 Desember 2018 sebesar realiasinya Rp 1,7 triliun, tumbuh sekitar 6,04 persen dibandingkan periode sama di 2017 sebesar Rp 1,6 triliun,” ucapnya.

Pada tahun 2018 lalu, Bank Jateng juga melakukan kegiatan CSR dengan menggelontorkan dana sekitar Rp 17 miliar. Kegiatan CSR yang dilakukan, sengaja bersinergi dengan program pemerintah.

“Misalnya dengan menyalurkan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), jambanisasi, korban bencana, beasiswa, dan lainnya dengan harapan bisa berpatisipasi menurunkan angka kemiskinan,” pungkasnya. (den/ida)