Giatkan Poskamling, Polres Bagi Ratusan Kentongan

91
UNTUK KEAMANAN: Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menyerahkan secara simbolis kentongan kepada perwakilan warga di Kecamatan Sidomukti Rabu (13/2/). (ISTIMEWA)
UNTUK KEAMANAN: Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menyerahkan secara simbolis kentongan kepada perwakilan warga di Kecamatan Sidomukti Rabu (13/2/). (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Antisipasi kerawanan menjelang pelaksanaan pemilihan umum, Polres Salatiga menginisiasi masyarakat untuk kembali menggalakkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Salah satu upaya menciptakan ketertiban lingkungan agar sitauasinya tetap aman, nyaman, dan tertib ialah adanya suatu pola komunikasi pengamanan yang baik antar wilayah. Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan pengamanan wilayah tidak sepenuhnya dibebankan kepada aparat kepolisian melainkan tanggungjawab bersama dengen pemerintah dan peran serta masyarakat.

“Karena itu kerjasama menjaga keamanan agar tetap kondusif ini penting dan dibutuhkan keterlibatan semua komponen yang sebenarnya saling bergantung,” terangnya usai memimpin Apel Kentongan dalam Rangka Pengamanan Pilpres Tahun 2019 di halaman kecamatan Sidomukti Salatiga, Rabu (13/2).

Gatot menuturkan bahwa, kentongan merupakan alat komunikasi yang dianggap tepat mengingat wilayah Kota Salatiga masyarakatnya lebih terbiasa dengan penanda bahaya melalui kentongan. Pola komunikasi massa melalui kentongan juga dinilai murah secara pembiayaan dan sangat efisien serta efektif semua orang dapat membuat secara mandiri tidak pula susah.

Pada apel kentongan kali ini Polresta Salatiga membagikan sebanyak 200 kentongan siap pakai kepada perwakilan kecamatan diteruskan ke kelurahan hingga Rt/Rw yang ada di lingkungan masing-masing.

Ditempat yang sama Camat Sidomukti Agung Pitoyo mengungkapkan apel kentonggan diikuti perwakilan empat kelurahan yang ada kemudian RT/RW dan unsur lain seperti pelajar sekolah. Senada Agung Pitoyo mengakui penjagaan keamanan lingkungan tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada kepolisian kerjasama dengan masyarakat dianggap sangat penting. (sas/bas)