Beri Motivasi Pejabat Polres Magelang Kota

67

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG— Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang diberikan kepercayaan oleh Polres Magelang Kota untuk memberikan pembekalan dan motivasi bagi pejabat struktural. Pentingnya kegiatan ini, UM Magelang secara khusus mengutus dua doktornya.

Kegiatan Pelatihan Revolusi Mental ini diikuti oleh 105 pejabat struktural Polres Magelang Kota pada Senin (11/2). “Diharapkan dengan pelatihan ini, peserta dapat mengaplikasikan ilmunya ke anggota di unitnya masing-masing,” ujar Wakapolres Magelang Kota Kompol Khamami, SH. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan etos kerja, integritas dan pelayanan prima.

Dr Imron MA dalam materinya mengarahkan anggota Polres untuk berpikir ‘Bekerja itu Ibadah’. “Mindset yang berkembang selama ini di benak masyarakat, bekerja adalah mencari uang. Saya ingin melalui motivasi kepada Polresta ini, mereka lebih memahami bahwa bekerja dapat dijadikan sebagai ladang ibadah. Jadi, bekerja tidak hanya untuk kebutuhan di dunia saja, namun dapat dimanfaatkan untuk keperluan akhirat,” jelas Imron.

Lebih lanjut, Imron memaparkan mengenai delapan etos kerja yang harus dimiliki para peserta, yaitu bekerja dengan penuh syukur, tanggung jawab, integritas, semangat, kecintaan, penuh kreativitas, tekun, dan kerendahan hati.

Psikolog Dr Riana Mashar M Psi memaparkan tentang integritas kerja yang harus menggunakan kesesuaian antara hati, ucapan dan tindakan. Kemampuan untuk senantiasa memegang teguh prinsip-prinsip moral dan menolak untuk mengubahnya walaupun kondisi dan situasi yang dihadapi sangat sulit serta banyak tantangan yang berupaya untuk melemahkan prinsip-prinsip moral dan etika yang dipegang teguhnya. “Ketika kita mempunyai kontrol diri yang kuat, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, kita tidak akan mudah didikte,” tambah Riana.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan materi Pelayanan Prima yang langsung disampaikan oleh Wakapolres Magelang Kota. (vie/sct/ton)