Tiga Caleg Terancam Dicoret

64

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Bawaslu kota Salatiga mengusut dugaan money politic (politik uang) yang dilakukan tiga caleg DPRD Kota Salatiga. Jika terbukti, kasus ini bisa sampai ke pidana pemilu dan bisa dijatuhi sangsi. Selain itu, caleg bersangkutan bisa di coret dari keikutsertaan dalam kontestasi pemilu.

Hal itu diungkapkan ketua bawaslu Agung Ari Mursito saat dikonfirmasi wartawan, kemarin siang. “Memang ada laporan mengenai dugaan politik uang. Ada tiga caleg yakni dua di Sidorejo dan satu di Argomulyo, ” terang Agung Ari Mursito. Kendati demikian, Agung belum menyebut detail siapa caleg yang dimaksud.

Lebih jauh dijelaskan dia, bawaslu melalui Panwascam mendapatkan informasi jika ada caleg yang menjanjikan rekreasi, seragam dan lainnya. Berdasarkan laporan tersebut, pihaknya melakukan pengusutan dengan menelusuri kepada penerima janji dan bentuknya. “Sehingga buktinya akan diketahui nantinya, ” jelas Agung.

Agung mengimbau kepada masyarakat maupun caleg agat bisa menghindari politik uang. Menurutnya sangsinya sangat berat karena jika nanti terbukti, yang bersangkutan bisa terkena sangsi pidana hingga denda. “Selain itu, caleg bisa juga dicoret oleh KPU bila sudah ada keputusan tetap dari pengadilan,” imbuhnya. (sas/bas)