Masih Ada Perusahaan Keluhkan UMK

28

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Pemprov Jateng harus benar-benar melakukan pengawasan terkait dengan UMK di masing-masing daerah. Hal itu penting, agar semua taat aturan dan masyarakat mendapatkan hak-haknya dengan layak.

“Pemprov dan pemerintah daerah harus mengawasi agar perusahaan taat pelaksanaannya,” kata anggota Komisi E DPRD Jateng, Nur Khasanah.

Ia menambahkan, pihaknya terus melakukan pemantauan di Jateng. Hal itu sebagai upaya untuk mengawasi dan mengetahui apakah perusahaan melakukan kewajibannya atau belum. Karena memang masih ada perusahaan yang mengeluhkan masalah UMK. “Kami memantau ke perusahaan-perusahaan di Jateng untuk memastikan semua sesuai aturan,” ujarnya.

Menurut dia, CSR perlu ditingkatkan dengan baik dan perusahaan berguna bagi masyarakat. “Ya harus benar-benar bisa sampai masyarakat dan memberikan kontribusi untuk sekitar,” tambahnya.

Perusahaan benar-benar harus bisa memberikan jaminan kepada karyawannya. Termasuk yang utama, UMK harus diberikan sesuai aturan dan jangan ada yang kurang. “Kesejahteraan karyawan harus diperhatikan, salah satunya dengan UMK yang layak,” kata Sekretaris Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid.

Dewan terus memantau pelaksanaan UMK di seluruh daerah se-Jateng. Ia ingin memastikan semua sudah harus memberikan sesuai hak dan kewajibannya. Hal itu penting, agar kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan. “Kami fokus mengawasi UMK di Jateng, agar semua sesuai aturan,” tambahnya. (fth/ida)