Longsor Tutupi Bahu Jalan

32

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Akibat curah hujan tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Temanggung Minggu (10/2) kemarin mengakibatkan tebing setinggi 15 meter di Desa Ngipik Kecamatan Pringsurat, depan rumah makan Eka Rasa, mengalami longsor.

Longsor terjadi sekitar pukul 17.00 dan sempat menutup sebagian bahu jalan raya Magelang-Semarang. “Proses evakuasi baru kami lakukan mulai pagi tadi (kemarin, Red) sekitar pukul 08.00 karena situasi kemarin tidak mendukung untuk dilakukan evakuasi,” ungkap Kepala Satker SKPD TP PU Binamarga dan Ciptakarya Provinsi Jawa Tengah, Adhi Wirawan, saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (11/2).

Adhi menyampaikan kondisi jalan yang menikung dan tanpa ada penerangan saat malam hari dirasa sangat berbahaya untuk evakuasi material. “Selain itu, longsor ini tidak terlalu bermasalah untuk lalu lintas karena hanya menutup bahu jalan. Tapi jika dilakukan evakuasi dengan melakukan pembuangan material longsor maka dampaknya menjadi besar bagi kelancaran arus lalu lintas,” terangnya.

Ditambahkan PPK S02 Pringsurat Secang batas Jogja, Suhendi untuk menyingkirkan material yang menutup bahu jalan dan selokan dengan lebar 2,5 meter tersebut, pihaknya menurunkan dua unit alat berat dan 3 truk pengangkut material.
Sementara untuk material longsor justru akan dimanfaatkan oleh warga Kampung Ngebong, Desa Pingit Kecamatan Pringsurat untuk tanah urug jalan kampung yang akan dicor.

“Jalan yang dicor sekitar 200 meter, tapi sebelum dicor memang harus diurug dulu sekitar 50 meter,” beber Ketuk Suranto warga setempat. (cr6/lis)