91 Guru Berlatih Menulis Artikel Populer

32
GURU PENULIS: Sebagian peserta pelatihan penulisan artikel populer di media massa berfoto bersama dengan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto saat pelatihan di ruang multimedia SMA Negeri 15 Semarang, kemarin.IDA NORLAYLA/RADARSEMARANG.ID
GURU PENULIS: Sebagian peserta pelatihan penulisan artikel populer di media massa berfoto bersama dengan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto saat pelatihan di ruang multimedia SMA Negeri 15 Semarang, kemarin.IDA NORLAYLA/RADARSEMARANG.ID

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Asa para guru menulis artikel populer di media massa semakin menggelora. Terbukti, saat pelatihan penulisan artikel populer yang digelar di ruang multimedia SMA Negeri 15 Semarang, sebanyak 91 peserta mengikutinya dengan serius. Bahkan, hingga berakhirnya acara pukul 12.30, para peserta belum beranjak dari tempat duduknya.

Pelatihan yang digelar Jawa Pos Radar Semarang dan SMA Negeri 15 Semarang itu dibuka oleh Waka Kurikulum, Tuju, SPd mewakili Kepala Sekolah Soleh Amin, SPd, MPd yang berhalangan hadir. “Kami berterima kasih, SMAN 15 dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan pelatihan ini. Mudah-mudahan ke depan kegiatan serupa digelar lagi. Karena ini sangat membantu para guru, terutama yang ingin naik pangkat,” kata Tuju.

Tuju yang kemarin juga menjadi salah satu peserta mengakui, selama ini para guru kesulitan membuat artikel ilmiah populer, apalagi sampai bisa dimuat di media cetak. “Saya yakin lewat pelatihan ini akan lebih memotivasi para guru untuk menulis artikel populer, hingga bisa dimuat di koran Jawa Pos Radar Semarang,” ujarnya.

Panitia kegiatan, Sri Wijayanti Iryani, SPd mengaku, jumlah peserta dalam pelatihan kemarin melebihi dari yang ditargetkan. Sebelumnya, ia hanya menargetkan 80 peserta, mengingat kapasitas ruangan yang terbatas. “Ternyata peserta sampai 91 orang. Ini luar biasa. Tadi, sampai harus desak-desakan. Matur nuwun atas antusias para peserta,” kata guru biologi SMAN 15 Semarang ini.
Wijayanti pun mengagendakan kegiatan serupa akan digelar rutin setiap bulan Februari.”Ya, mungkin setahun sekali dulu. Nanti jadi agenda rutin sekolah,” ucapnya.

Pelatihan yang dipandu Iswinardi SPd, MM ini menghadirkan narasumber Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto dan Redaktur Pelaksana Ida Norlayla. Dalam paparannya, Ida mengatakan bahwa dalam menulis artikel populer sebenarnya relatif mudah. Sebab, strukturnya hanya pendahuluan yang berisi pokok permasalahan, isi yang berupa solusi dan penjabarannya, serta terakhir penutup yang berisi kesimpulan.

“Jadi, artikel populer itu relatif sederhana. Khusus untuk tema artikel guru yang akan dinilaikan untuk PAK (penilaian angka kredit), tentunya harus sesuai Kompetensi Dasar (KD) guru masing-masing,” paparnya. (aro)