PLN Rugi Miliaran Rupiah Akibat Pohon Tumbang

118
DIPERBAIKI: Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik yang putus akibat tertimpa pohon di Jalan Soekarno-Hatta Kendal, kemarin. (BUDI SETIYAWAN/RADARSEMARANG.ID)
DIPERBAIKI: Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik yang putus akibat tertimpa pohon di Jalan Soekarno-Hatta Kendal, kemarin. (BUDI SETIYAWAN/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah jaringan listrik di wilayah Kendal mengalami kerusakan dan putus jaringan. Akibatnya, PLN mengalami kerugian dan harus kerja keras untuk membetulkan sejumlah jaringan listrik yang putus.

Kerusakan jaringan listrik itu disebabkan pohon besar yang tumbang akibat diterpa angin setelah sebelumnya diguyur hujan deras. Selain itu jaringan juga putus akibat tertimpa Alat Peraga Kampanye (APK) yang roboh dan bencana tanah longsor.

Kepala PT PLN Area Semarang Rayon Kendal, Tresna Nurman Abadi mengatakan kerusakan paling banyak disebabkan pohon tumbang.
Seperti yang terjadi di sepanjang Weleri Sukorejo.“Dengan kerusakan jaringan listrik mengakibatkan distribusi listrik mengalami kendala. Bahkan beberapa daerah tidak terdistribusi dengan baik karena harus dilakukan pembetulan terlebih dahulu,” tuturnya.

Kerusakan jaringan akibat pohon tumbang tidak hanya warga yang mengalami kerugian tapi juga PLN Rayon Kendal. Sebab selama pemadaman mengakibatkan PLN tidak dapat mendistribusikan ratusan ribu Kilowatt hour (KWH) energi listrik.

“Jika dihitung PT PLN di area Kendal kehilangan pendapatan mencapai ratusan juta. Bahkan sampai miliaran rupiah dalam setahun akibat jaringan putus karena pohon tumbang. Karena sedianya listrik terdistribusi, putus sehingga listrik tidak terdistribusi,” jelasnya.

Ia menyebutkan selama 2017 lalu, PLN Rayon Kendal kehilangan pendapatan sebesar Rp 2,4 miliar karena pohon tumbang. Namun kerugian itu menurun 2018. Karena angka kerusakan akibat pohon tumbang turun 50 persen. Sehingga pendapatan kami cukup bertambah meski masih kehilangan sekitar Rp 1 miliar lebih,” tambahnya

Guna mengantisipasi dan menangani pohon tumbang, pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait. Seperti dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal.

Yakni dengan melakukan trabas pohon yang mendekati jaringan listrik agar tidak roboh dan menimpa jaringan. Selain itu berkoordinasi jika terjadi pohon tumbang agar listrik bisa langsung dipadamkan sehingga tidak membahayakan warga.
“Selanjutnya kami juga berencana berkoordinasi dengan Bawaslu terkait pemasangan APK yang mendekati jaringan listrik, pasalnya ada kasus jaringan listrik yang rusak karena tertimpa APK” jelasnya. (bud/bas)