Akses Tol Rawan Laka

40
BELUM BERFUNGSI: Lampu lalu lintas di perempatan akses jalan tol Pekalongan sudah terpasang, namun belum berfungsi. (ISTIMEWA)
BELUM BERFUNGSI: Lampu lalu lintas di perempatan akses jalan tol Pekalongan sudah terpasang, namun belum berfungsi. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Meski lampu lalu lintas di pertigaan akses jalur tol Pekalongan-Batang telah dipasang Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, namun hingga Kamis (7/2) kemarin, lampu tersebut belum juga berfungsi.

Padahal pihak pengelola jalan tol, juga sudah membongkar balok pembatas yang ada di tengah akses jalan tol, dan sudah melakukan pengasapalan, yang nantinya akan mempermudah bagi warga pengguna jalan yang dari Kota Pekalongan ke Kabupaten Batang atau sebaliknya.

Dengan tidak berfungsinya lampu lalu lintas, dan sudah dibongkarnya batas pembatasd jalan tol justru membuat potensi kecelakaan baru, pasalnya banyak pengendara yang menggunakan sepeda motor maupun sepeda, nekat menyebrang dengan mengangkat tali pada jalur pembatas yang dibongkar.

Perangkat Desa Lebo, Kecamatan Batang, Wanuri mengungkapkan bahwa sejak pembatas beton jalur akses tol dibongar. Hampir setiap hari banyak pengendara yang akan tertabrak mobil, karena warga nekat membuka tali untuk menerobos akses jalan tol.
“Terutama kalau pagi hari, banyak anak sekolah dan pekerja yang tifak mau berputar, tapi menerobos perempatan yang telah dipasangi tali, ini sangat berbahaya, kami minta Dinas Perhubungan Kota Pekalongan untuk segera mengaktifkan lampu lalulintas tersebut,” ungkap Wanuri.

Sementara itu, Kasi Manajemen Rekayasa Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Badarusyamsi menjelaskan bahwa sebelum mencapai lampu lalu lintas pihaknya sudah memasang tiga titik garis kejut yang ada di jalan akses tol Kota Pekalongan. Yakni di jalur timur sebelum rambu berputar balik atau u-turn, sesudah u-turn, dan sebelum perempatan jalan Jalan Ampera.

Menurutnya untuk menekan angka kecelakaan, karena banyak pengguna jalan yang nekat menerobos. “Dalam minggu ini lampu lalu lintas di akses perempatan jalan tol itu akan aktif, kami menghimbau agar warga tidak melewati perempatan jalan akses tol dulu, dengan membongkar tali yang telah kami pasang, kami mohon untuk bersabar,” kata Badarusyamsi. (thd/bas)