SMP IT PAPB Semarang

APRESIASI SISWA BERPRESTASI DENGAN PIN

111
PAPB JUARA: Kepala SMP Islam Terpadu PAPB Ramelan SH MH menyematkan pin “PAPB Juara” kepada siswa berprestasi. (kanan) Foto-foto para siswa penerima pin “PAPB Juara.”TIM EKSIS SMP IT PAPB SEMARANG
PAPB JUARA: Kepala SMP Islam Terpadu PAPB Ramelan SH MH menyematkan pin “PAPB Juara” kepada siswa berprestasi. (kanan) Foto-foto para siswa penerima pin “PAPB Juara.”TIM EKSIS SMP IT PAPB SEMARANG

RADARSEMARANG.ID, 2018 merupakan tahun yang menjadikan SMP Islam Terpadu PAPB meraih lebih banyak prestasi yang membanggakan. Maka sebagai wujud apresiasi sekolah kepada siswa dan guru yang berprestasi, SMP IT PAPB Semarang menggelar acara bertajuk “Pentas Seni dan Apresiasi Guru dan Siswa Berprestasi 2018” yang diselenggarakan pada jeda semester 1, tepatnya pada Kamis (13/12/2018) lalu di halaman sekolah.

Bentuk apresiasi sekolah yaitu dengan memberikan pin bagi siswa yang berprestasi dalam kurun waktu satu tahun pelajaran. Dengan adanya kegiatan penyematan pin yang berbentuk oval, dengan panjang diameter 6 cm dan lebar 3 cm, pin yang dibuat tersebut bertuliskan “PAPB JUARA” bertujuan memicu siswa untuk meningkatkan prestasinya.

Saat diwawancara Tim Eksis Jawa Pos Radar Semarang, Kepala Sekolah Ramelan SH MH mengungkapkan, arti pemberian pin prestasi bagi siswa adalah bentuk apresiasi sekolah kepada siapa saja yang berprestasi. “Keberadaan pin ini sebagai bentuk apresiasi sekolah kepada siswa dan guru, yang telah melakukan sebuah tindakan positif dan menjadikan ia berprestasi. Sehingga keberadaannya ikut serta mengukir dan mempopuler nama sekolah,” ungkapnya.

IST

Lebih lanjut Ramelan menjelaskan, ide diselenggarakannya kegiatan apresiasi pemberian pin ini bermula saat sekolah mengikuti studi banding. “Karena ada satu hal positif yang bisa kita tiru saat studi banding tersebut, sehingga munculah ide untuk juga ikut menyelenggarakan dengan konsep yang berbeda,” jelasnya.

Di akhir wawancara, Ramelan menambahkan harapan ke depannya bagi para peserta didik agar lebih banyak lagi yang berprestasi. “Harapan saya, prestasi yang diraih tahun mendatang meningkat, sehingga pemberian pin juga semakin tahun semakin berkualitas dan semakin bertambah banyak,” katanya.

Selaku penanggung jawab prestasi sekolah, Mulyono, mengungkapkan, pin tidak hanya diberikan kepada siswa yang berprestasi saja, namun juga kepada yang hafal Alquran dan aktif di organisasi. “Jadi, pin ini tidak hanya diberikan kepada siswa peraih prestasi di bidang lomba, di bidang tahfidz dan organisasi juga kami kasih lho,” ungkapnya.

IST
IST

Sir Mul (panggilan akrab Mulyono) kepada Tim Eksis Jawa Pos Radar Semarang juga selalu membuat rekap siswa yang berprestasi yang akhirnya mendapatkan pin. “Untuk data peraih pin, kami ambil berdasarkan catatan delegasi lomba yang senantiasa kami catat dan rekap setiap bulannya. Ditambah, laporan dari guru tahfidz bagi mereka yang telah menghafal lebih dari 1 juz, serta ketua dan wakil organisasi resmi sekolah (OSIS dan pramuka),” paparnya.

Tentang banyaknya prestasi yang diraih siswa-siswi SMP IT PAPB, catatan koran ini meliputi 23 kejuaraan. Yakni, bidang seni budaya, olah raga, sains, dan agama, mulai tingkat kota hingga nasional.