Ribuan Simpatisan Antusias Sambut Lestari Moerdijat

113
PEDULI KESEHATAN: Lestari Moerdijat memberikan bantuan aramada ambulans, perlenglapan bola volly dan sepakbola secara simbolis di Gedung IPHI Demak dalam acara Silaturrahmi Akbar Sedulur Lestari, kemarin. (M. KHOIRUL ANWAR/RADARSEMARANG.ID)
PEDULI KESEHATAN: Lestari Moerdijat memberikan bantuan aramada ambulans, perlenglapan bola volly dan sepakbola secara simbolis di Gedung IPHI Demak dalam acara Silaturrahmi Akbar Sedulur Lestari, kemarin. (M. KHOIRUL ANWAR/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK- Seribuan warga Demak memadati Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Demak, kemarin. Mereka antusias menyambut kedatangan Lestari Moerdijat di Kota Wali. Melalui Sedulur Lestari, program sosial, kesehatan, dan lingkungan dirasakan warga Demak setahun terakhir. Kemarin, mereka bisa bertemu dengan insiator program tersebut, Lestari Moerdijat dalam Silaturrahmi Sedulur Lestari.

Koordinator Sedulur Lestari, Taufiq Jauhari, mengungkapkan, warga Demak selama ini telah merasakan program yang telah diinisiasi Lestari Moerdijat. Seperti penyediaan armada ambulans gratis, bantuan bibit tanaman buah, pengobatan gratis, hingga pelatihan produk usaha kecil dan menengah.

“Momen ini sangat ditunggu warga Demak. Bisa bertemu dan berinteraksi dengan tokoh yang selama ini membuat program lintas sektoral bagi mereka,” katanya.

Sejak sore kemarin, warga antre mengisi daftar hadir sebelum memasuki gedung. Di dalam gedung, ribuan peserta menyanyikan yel-yel penyambutan Lestari Moerdijat. Sedulur Lestari yang digawangi tim pemenangan Kabupaten Demak ini juga mengundang Sahabat Lestari Kudus dan Jepara. Karena program kesehatan, sosial, lingkungan, dan emonomi juga menyasar warga Jepara dan Kudus.

Ribuan peserta dihibur dengan kedatangan artis ibu kota, Betrand Antolin, Eddies Adelia, dan Raeshard Octaviansha. Tak kalah dengan simpatisan, Betrand juga ikut menyanyikan yel-yel. Ia turun dari panggung menemui simpatisan. Sebelum menyanyikan yel-yel, tiap kecamatan dites semangatnya. Setiap disebut kecamatan, masing-masing simpatisan bersorak.

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh KH Muhammad Nur Abidin. Saat kumandang adzan salat maghrib simpatisan rehat untuk melaksanakan salat. Usai salat, simpatisan kembali ke dalam gedung untuk menyambut kedatangan Mbak Rerie –sapaan akrab Lestari Moerdijat. Kedatangan Mbak Rerie disambut nyanyian yel-yel dari simpatisan.

Mbak Rerie kemudian memberikan bantuan armada ambulans gratis secara simbolis untuk wilayah Jepara, Kudus, dan Demak. Juga bantuan peralatan olahraga sepak bola dan volly. “Saya terharu bapak ibu merelakan waktunya dari sore sampai malam berkumpul bersama Sedulur Lestari, ” ujar Mbak Rerie.

Menurutnya, keluarga adalah pondasi bangsa yang maju. Karakter masyarakat wilayah Jepara, Kudus, dan Demak dipengaruhi latarbelakang sejarah dan budaya yang luhur. Nilai akulturasi menjadi warisan yang membesarkan daerah sampai saat ini.

Gerakan Sahabat Lestari setahun lalu bergerak di bidang pemberdayaan perempuan. Karena perempuan adalah tiang keluaraga yang menopang anggota keluarga. Kesehatan bukan sekadar jasmani tapi juga rohani. “Bagaimana bisa menjadi sosok yang mandiri, maju, dan membantu keluarga, ” tuturnya.

Ke depan akses kesehatan dibutuhkan masyarakat. Ambulans yang disedikan di tiga daerah diharapkan bisa membantu akses kesehatan. “Pemeriksaan kanker juga penting. Saya pernah mengalami kanker. Maka masyarakat jangan sampai seperti apa yang saya alami, ” katanya. (war/aro)