DPRD Kota Magelang Pertimbangkan Raperda CCTV

54

RADARSEMARANG.ID,MAGELANG – DPRD Kota Magelang mempertimbangkan perlunya membuat rancangan peraturan daerah (raperda) tentang CCTV di Kota Magelang. Pasalnya, peran CCTV saat ini cukup penting selain untuk keamanan juga untuk pemantauan ketertiban dalam masyarakat.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Magelang, H Sallafudin atau Gus Sallaf, Kamis (10/1) kemarin mengatakan, adanya Raperda CCTV dimungkinkan melalui inisiatif DPRD. Gus Sallaf mengungkapkan, beberapa peristiwa kriminalitas maupun peristiwa penting lainnya, cukup terbantu adanya CCTV.

“Saya kira, sebenarnya hampir seluruh instansi pemerintah, pusat perbelanjaan maupun pusat keramaian, sudah dipasangi CCTV untuk keamanan. Tinggal bagaimana pemerintah daerah mengaturnya,” kata Gus Sallaf.
Terlebih, menurut Gus Sallaf, kasus kriminal yang terjadi di Kota Magelang, berhasil secara cepat diungkap oleh jajaran kepolisian dengan bantuan alat bukti CCTV. Demikian juga, menurut Gus Sallaf, kasus kecelakaan yang terjadi di Kota Magelang pun berhasil terekam CCTV.

Sementara anggota Komisi B DPRD, Aktib Sundoko, mengaku setuju adanya Raperda CCTV. Menurut Aktib, CCTV saat ini sudah menjadi kebutuhan dan membantu dalam keamanan di masyarakat.
Aktib menuturkan, saat ini Raperda CCTV belum masuk dalam Program Pembentukan Perda (Propemperda) Kota Magelang Tahun 2019. Namun demikian, menurut Aktib, dalam perjalanannya nanti, bisa dimungkinkan dimasukkan sebagai raperda inisiatif DPRD.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana menyebutkan, pihaknya meminta instansi terkait yaitu Dinas Perhubungan maupun Dinas Lingkungan Hidup untuk memasang CCTV di beberapa taman di Kota Magelang. Pemasangan CCTV ini, menurut Singgih, sangat efektif untuk memantau adanya penyakit masyarakat yang terjadi di tempat-tempat tersembunyi atau taman.

“Ada efeknya pemasangan CCTV. Dulu di seputaran taman Badaan, seringkali disalahgunakan pasangan muda-mudi untuk berbuat mesum, karena gelap dan sepi. Setelah dipasang CCTV, aktivitas tersebut cukup berkurang. Jika ada aktivitas mencurigakan, kami bisa memantau dan langsung menuju tempat itu,”imbuh Singgih.
Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, berharap Pemkot Magelang segera mengesahkan Perda CCTV di lokasi strategis atau objek-objek vital yang terkoneksi dengan polisi. (had/lis)