Presiden Jadi Saksi, Tak Ada Pesanan Menu Khusus

Melihat Resepsi Pernikahan Puteri Menristek Dikti M Nasir

62
KHIDMAT : Prosesi akad nikah puteri Menristek Dikti M Nasir, Aryani Haq dan Ardy Wildan dengan saksi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Dokumen hotel Patra Semarang)
KHIDMAT : Prosesi akad nikah puteri Menristek Dikti M Nasir, Aryani Haq dan Ardy Wildan dengan saksi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Dokumen hotel Patra Semarang)

Prosesi pernikahan putri kedua Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Muhammad Nasir, Arynal Haq dengan pujaan hatinya Ardy Wildan, berlangsung khidmat. Bertempat di Gedung Poncowati Hotel Patra Semarang, keduanya resmi mengikat janji suci Sabtu (5/1) pagi.

RADARSEMARANG.ID, IJAB qabul ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri Mufidah Kalla. Kedua petinggi negara ini, didapuk menjadi saksi pernikahan Arynal dan Ardy.

Suasana akad nikah kental dengan adat Jawa. Arynal menggunakan kebaya berwana putih, lengkap dengan kerudung putih serta bawahan batik. Mempelai pria juga menggunakan baju adat berwana putih dengan bawahan batik. “Untuk prosesi ijabnya, dekorasinya lebih ke adat Jawa,” kata General Manager Patra Semarang, I Gusti Made Juniarta.

Presiden Joko Widodo hadir sekitar pukul 07.30 pagi ditemani istri. Tak lama berselang, Jusuf Kalla juga hadir dengan istri. Akad nikah berlangsung secara terbatas, hanya dihadiri kerabat dan tamu undangan yang sudah ditentukan. “Tadi yang jadi saksi pak Presiden sama pak Wakil Presiden,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai akad nikah berlangsung.

Sejumlah menteri dari Kabinet Kerja hadir dalam acara tersebut. Di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Hadir juga Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak ketinggalan hadir bersama istrinya, Siti Atiqoh. “Kami mendoakan kedua mempelai sebagai pengantin mendapat kebahagian, sakinah, mawaddah, dan warahmah,” tambah Tjahjo.

Setelah akad nikah selesai, rombongan presiden beserta menteri langsung meninggalkan Hotel Patra Semarang dan bertolak menuju Jogjakarta guna menghadiri pernikahan putra sulung Raja Keraton Pura Pakualam Jogjakarta atau Wakil Gubernur DIJ Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Paku Alam X.

I Gusti mengatakan, resepsi pernikahan puteri Menristek dilaksanakan sekitar pukul 11.00 siang. Sementara untuk konsep resepsi mengusung konsep modern. “Infomasinya sekitar 700 sampai 1.000 tamu undangan, kalau dekorasinya kental dengan warna putih dan orange muda dengan kesan modern,” tambahnya.

Dari segi makanan yang disajikan untuk tamu undangan dan Presiden, lanjut dia, tidak ada pesanan khusus. Namun dipastikan dengan standar yang tinggi dari segi keamanan. “Kalau persiapan dekorasinya sudah sejak Kamis lalu, untuk makanan sama seperti yang lain, namun yang menyediakan bukan pihak hotel melainkan pihak katering,” jelasnya. (den/ton)