Petugas Gerebek Warung Sembako

87
PEKAT : Petugas Mapolsek Gringsing menunjukkan hasil penyitaan miras hasil operasi Pekat jelang Natal dan Tahun Baru. (Lutfi Hanafi/RADARSEMARANG.ID)
PEKAT : Petugas Mapolsek Gringsing menunjukkan hasil penyitaan miras hasil operasi Pekat jelang Natal dan Tahun Baru. (Lutfi Hanafi/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG,ID BATANG – Jelang Natal dan Tahun Baru, Jajaran Polres Batang, Polsek Gringsing mengintensifkan razia minuman keras (miras). Kali ini menyasar warung dan toko kelontong. Hasilnya, petugas menyita 225 botol miras berbagai jenis.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga melalui Kapolsek Gringsing AKP Sugiyanto, mengatakan, operasi pekat (penyakit masyarakat) dilakukan rutin. Tidak hanya merazia miras, tapi juga melakukan patroli untuk mengantisipasi adanya tindakan kriminal. Termasuk memberi pembinaan kepada sejumlah pemuda yang berpesta miras.

“Kami mendapati sekelompok pemuda yang sedang berkumpul di jalan desa, ternyata mereka sedang pesta miras oplosan yang dikemas dalam botol air mineral. Kita ambil tindakan persuasif. Dari situ kami juga mendapat informasi mengenai penjual miras oplosan tersebut,” katanya.

Ternyata, dalam transaksi jual beli miras oplosan tersebut ada kode rahasia. Jadi tidak sembarangan orang dilayani. Petugas pun segera bergerak ke sebuah warung makan kecil atas petunjuk para pemuda tersebut. Dan benar, di warung makam milik Bejo tersebut, anggota mendapati miras jenis arak, vodka dan topi miring.

Anggota tidak berhenti di satu lokasi saja, selanjutnya berkat ada info masuk dari masyarakat yang resah karena banyak beredar miras oplosan. Polsek Girngsing memperoleh lokasi baru penjual sekaligus tempat menyembunyikan miras. Yang ternyata disembunyikan di warung sembako milik Sunar di Desa Gringsing.

“Awalnya petugas sempat terkecoh karena warung Sunar hanya menjual sembako dan jajanan anak. Berkat petunjuk warga kami langsung menuju kamar dan menemukan miras oplosan dalam jumlah besar yang dikemas dalam botol air mineral,” jelas Kapolsek.

Anggota juga menggeledah sebuah kafe dan mendapati miras jenis anggur. Semua barang haram tersebut dibawa ke Polres Batang untuk dimusnahkan. Sedangkan para penjual mendapat sanksi ringan. (han/zal)