Hadapi Natal Tahun Baru, Tol Pekalongan-Batang Gratis

157
CEK KESIAPAN : Sebelum resmi dibuka untuk umum, petugas dari PT PBTR memeriksa peralatan di Tol Gate Warungasem Batang, Kamis (13/12/2018). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID,BATANG – Tol Pekalongan-Batang telah rampung 100 persen. Sebelum dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir pekan besok, tim dari PT Batang Pemalang Tol Road (PBTR) memastikan jalur tol Trans Jawa tersebut siap operasional. Petugas mengecek semua fasilitas tol, Kamis (13/12/2018).

“Kami pastikan Tol Pekalongan-Batang siap dilewati masyarakat saat musim liburan Natal dan Tahun Baru besok,” ucap Staf Tekhnik dan Operasional PBTR Zakaria, saat ditemui di Tol Gate Warungasem Batang, Kamis (13/12/2018).

Bahkan kata Zakaria, jalur tol bisa dilewati hingga Semarang, serta belum diberlakukan tarif tol. Alias gratis selama seminggu dibuka. Bisa juga diperpanjang sesuai ketetapan dari pemerintah pusat, jika dibutuhkan masyarakat, sekaligus untuk uji coba jalan.

“Total panjang jalur tol 108 kilometer dari Pemalang ke Semarang. Sementara baru ada 4 tol gate, yaitu Pemalang, Batang, Weleri dan Krapyak,” tandasnya.

Namun pihaknya masih terus melakukan progres pembangunan, karena masih ada pekerjaan pembuatan 4 tol gate lain. Yaitu di Bojong Kabupaten Batang, Batang Kandeman dan Kendal. Pihaknya juga tidak menutupi masih adanya kurang pembebasan lahan untuk exit Bojong. Sehingga hal ini, membuat progress Exit Bojong masih nol persen karena terkendala pembebasan lahan. Serta pembangunan rest area secara permanen, karena hingga saat ini rest area masih berupa lapangan luas belum ada bangunannya, sehingga selama liburan masih berupa fungsional saja.

Humas PT Waskita Karya Pemalang Batang Tol Road (PBTR) Paket IV, Misbachul Huda menambahkan, Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer dan terdiri atas dua seksi. Seksi 1 memiliki panjang 23,3 kilometer, sedangkan Seksi 2 Pekalongan-Batang memiliki panjang 15,9 kilometer. Jika total Pemalang hingga Semarang sejauh kurang lebih 108 kilometer.

Untuk peresmian Jalan tol Pemalang Batang-Semarang, masih belum final dilakuakn di mana. Ada pilihan di Tol Gate Batang dan juga ada pilhan di Jembatan Kalikuto seperti keinginan dari Menteri BUMN. (han/zal)