Harus Gesit dan Selalu Update

106
NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG
NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut kesigapan. Begitu juga yang diterapkan oleh Siti Astrid Kusumawardhani. Gesit dan selalu mengikuti perkembangan menjadi kunci untuk tetap eksis berkarya di era serba digital ini.

“Saya mulai bergabung di GO-JEK sejak April lalu, karena tertarik dengan misi perusahaan terkait pemanfaatan teknologi. Diantaranya memfasilitasi pelaku UMKM. Jadi teknologi dimanfaatkan bukan untuk memperbesar gap ekonomi, tapi membantu memfasilitasi para pelaku wirausaha untuk mengembangkan bisnis mereka,”ujar VP Public Affairs GO-JEK ini.

Bekerja di era serba digital dan perusahaan teknologi dengan jaringan yang besar diakuinya memberikan sejumlah tantangan. Diantaranya harus dapat dengan cepat menangkap berbagai perkembangan dan inovasi yang diluncurkan perusahaan maupun yang terjadi di masyarakat.

“Kami bekerja di lingkup yang berkaitan dengan teknologi. Perusahaan bergerak cepat. Banyak inovasi-inovasi yang terus diluncurkan. Saya harus sigap mengikuti, harus bisa cepat beradaptasi juga. Nggak boleh sampai ketinggalan,”ujar alumnus Hubungan Internasional, Universitas Indonesia ini.

Selain itu, bekerja dengan lingkungan jaringan yang besar juga mengharuskan Astrid untuk mampu berkolaborasi. Karena hampir tiap kegiatan yang digelar melibatkan sejumlah tim dari berbagai divisi.

“Karena itu kami ditekankan untuk bekerja dengan sejumlah prinsip. Diantaranya lihat data dan fakta, baru bergerak, kemudian kalau bekerja juga jangan setengah-setengah, karena capeknya paling nggak jauh beda,”ujarnya.

Tak hanya tantangan, Astrid juga mendapat banyak pengalaman menarik. Diantaranya mengenal karakteristik dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM dari berbagai daerah. “UMKM di Jogja permasalahannya bisa berbeda dengan di Semarang atau daerah lain. Penangannya juga harus berbeda. Inilah tantangan yang menarik bagi saya,”ujarnya.(dna)