Intip Karya Seni Keren di Exhibition Mickey Mouse New York City

73

JawaPos.com – Mickey Mouse merayakan ulang tahunnya yang ke-90 tahun. Usianya yang hampir menginjak satu abad dirayakan dalam pameran di New York yang menyoroti awal munculnya Mickey Mouse lewat ‘Steamboat Willie’, yang dituangkan lewat rekaman arsip dan gambar karya seni kontemporer.

Pameran di New York City ini hadir dengan seluas 16.000 kaki persegi dan sepuluh ruangan. Dilansir dari Daily Mail, Selasa (20/11), dengan tema ‘The True Original Exhibition’, pameran ini memiliki cerita nostalgia yang digabungkan dengan seni karakter kartun Mickey.

Setiap ruangan menawarkan sejarah Mickey yang menggambarkan perkembangan karakter kartun dari mulai hitam putih yakni ‘Plane Crazy’ hingga film terpanjang berwarna pertamanya berjudul ‘Fantasia’. Pengunjung yang datang dapat menikmati musik khusus dalam karya seni Mickey raksasa yang tampak menonjol dari dinding, menonton cuplikan film klasik, termasuk karya dari Keith Haring, seni berbagai genre, dan berdiri dalam fantasi Cosmic Caverns yaitu ruang warna-warni karya Kenny Scharf’s.

mickey mouse, mickey mouse ulang tahun, 90 tahun mickey mouse,
Karya seni Mickey raksasa yang tampak menonjol dari dinding (Daily Mail)

Pameran ini memang mengajak pengunjung bernostalgia pada karakter Mickey, terutama film, ‘Steamboat Willie,’ yang  pernah diputar di Colony Theatre di Broadway pada 18 November 1928. Film ini bersejarah karena menjadi salah satu kartun pertama yang menggunakan suara dan musik yang kemudian membuat Mickey menjadi legenda kartun Disney.

Salah satu yang unik dari pameran ini adalah hadirnya ruangan khusus yang dibuat untuk memberi penghormatan pada film ‘Steamboat Willie’. Menampilkan Minnie Mouse yang cantik, ruangan ini makin sempurna karena dibentuk sedemikian rupa menjadi layaknya sebuah kapal uap besar. Terlebih dilengkapi dengan roda kapal yang berfungsi yang dapat berputar seperti yang ada pada film. 

Di dekatnya ada Steamboat Redux, yang memiliki dua layar. Satu, di sebelah kiri menunjukkan film asli dan sisi kanan menunjukkan proses Walt disney  membuat film ini. Dalam segi audio, ruangan ini menggunakan soundtrack original dan tata letak asli sehingga originalitas film terjaga.

Untuk memuaskan rasa nostalgia lewat pameran ini, para animator membutuhkan sekitar dua setengah tahun untuk membuatnya. Adegan yang menjadi incaran para animator adalah adegan di mana Mickey bersiul sambil memutar kemudi kapal.

Tak hanya animasi, berbagai bentuk karya seni ditampilkan dalam pameran ini termasuk mural, mainan raksasa berbentuk Mickey, neon art, dan rajutan. Karya seni yang paling unik ditampilkan dalam pameran ini adalah foto mural karya Keith Haring yang pernah dibuat pada tahun 1980 yang mengambil tema Mickey. Artis pop art yang meninggal pada tahun 1990 ini telah memberi inspirasi bagi perupa untuk mengambil ikon Mickey menjadi tema seni.

Seniman dari berbagai era dan genre seperti Darren Romanolli, Shinique Smith, Katherine Bernhard, Daniel Arsham dan Ariana Papademetropouloustercatat sebagai artis besar yang karyanya tampil dalam pameran ini.

Silakan beri komentar.