Bunga Penutup Abad Kisahkan Nyai Ontosoroh dan Minke Setelah Annelis

66

JawaPos.com – Pementasan teater Bunga Penutup Abad sukses di hari pertama pada 16 November 2018. Di produseri oleh artis cantik Happy Salma, pementasan ini akan kembali di gelar pada hari ini, Sabtu, 17 November 2018.

“Saya sangat mencintai sastra Indonesia, dan lewat teater ini saya ingin sastra Indonesia semakin hidup, dan bisa di apresiasi oleh generasi sekarang, maupun di setiap lapisan. Segala umur bisa menikmati pertunjukan ini, dan terus menghargai karya-karya sastrawan besar salah satunya Pramoedya Ananta Toer,” ujar Happy Salma, Jumat (16/11).

Bunga Penutup Abad ini berkisah mengenai kehidupan Nyai Ontosoroh dan Minke setelah kepergian Annelies ke Belanda. Nyai Ontosoroh yang khawatir mengenai keberadaan Annelies, mengutus seorang pegawainya untuk menemani ke manapun Annelies pergi, bernama Robert Jan Dapperste atau Panji Darman. 

Bunga Penutup Abad Kisahkan Nyai Ontosoroh dan Minke Setelah Annelis
Adegan Reza Rahadian sebagai Minke dan Chelsea Islan sebagai Annelis dalam pementasan Bunga Penutup Abad. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Kehidupan Annelies sejak berangkat dari pelabuhan Surabaya dikabarkan oleh Panji Darman melalui surat-suratnya yang dikirimkan pada Minke dan Nyai Ontosoroh. Surat-surat itu bercap pos dari berbagai kota tempat singgahnya kapal yang ditumpangi Annelies dan Panji Darman. 

Minke selalu membacakan surat-surat itu pada Nyai Ontosoroh. Surat demi surat membuka sebuah pintu nostalgia antara mereka bertiga, seperti ketika pertama kali Minke berkenalan dengan Annelies dan Nyai Ontosoroh, bagaimana Nyai Ontosoroh digugat oleh anak tirinya sampai akhirnya Annelies harus dibawa pergi ke Belanda berdasarkan keputusan pengadilan putih Hindia Belanda.

Cerita berakhir beberapa saat ketika Minke mendapatkan kabar bahwa Annelies meninggal di Belanda. Minke yang dilanda kesedihan kemudian meminta izin pada Nyai Ontosoroh untuk pergi ke Batavia melanjutkan sekolah menjadi dokter. Ke Batavia, Minke membawa serta lukisan potret Annelies yang dilukis oleh sahabatnya Jean Marais. Minke memberi nama lukisan itu, Bunga Penutup Abad.

Pentasan teater ini di bintangi oleh para artis papan atas, seperti Reza Rahadian (Minke), Lukman (Jean Marais), Chelsea Islan (Annelies) serta, pemain cilik berbakat, Sabia Arifin (May Marais) dan pastinya Nyai Ontosoroh akan diperankan oleh (Marsha Timothy). Pementasan ini merupakan kolaborasi antara Wawan Sofwan sebagai sutradara dan Happy Salma.

(agi/JPC)

Silakan beri komentar.