Salah Upload Foto Claudia Kim, Twitter Fantastic Beasts Dituduh Rasis

52

JawaPos.com – Akun Twitter resmi film Fantastic Beasts dituduh rasis oleh warganet karena salah upload foto Claudia Kim. Kesalahan upload itu bahkan terjadi ketika film tersebut menggelar premiere-nya di Inggris.

Semula, akun @BeastsMovieUK mengunggah beberapa foto dan cuitan untuk merayakan kedatangan para pemain film yang diangkat dari novel J.K. Rowling itu di acara karpet merah premiere. Akun tersebut menulis, “Jude Law, Johnny Depp, Ezra Miller, dan Claudia Kim telah mengambil alih karpet dengan tepuk tangan riuh gembira,” tulisnya.

Namun mata penggemar langsung tertuju pada foto yang turut diunggah dalam cuitan tersebut. Alih-alih menyebut Claudia Kim, tetapi foto yang diunggah adalah foto aktris Jepang, Mirei Kiritani, yang juga hadir dalam acara itu.

Salah Upload Foto Claudia Kim, Twitter Fantastic Beasts Dituduh Rasis
Akun Fantastic Beasts salah upload foto Claudia Kim (Twitter/BeastsMovieUK)

Dalam acara tersebut kedua aktris itu memang mengenakan gaun panjang berwarna hitam. Namun ada perbedaan yang mencolok dari gaun yang dikenakan mereka.

Gaun yang dikenakan Claudia Kim dihiasi dengan manik-manik berkilauan, hanya sedada (off the shoulder), dan membentuk tubuhnya. Sementara gaun yang dikenakan Mirei Kitani, gaun panjang berwarna hitam dengan potongan crop top, agak melebar, dan memiliki renda yang penuh di bagian depannya.

Akibatnya, penggemar pun menuduh hal tersebut sebagai tindakan rasis. Mereka pun meninggalkan komentar di bawah cuitan tersebut.

“Kau mempertimbangkan kedua orang ini sama hanya karena mereka wanita Asia. Ini rasis. Kau akun resmi di Inggris. Kau tidak boleh begini. Hormatilah mereka,” tulis sebuah akun.

“Ini Claudia Kim dan kau perlu mengatakan sesuatu,” tulis yang lain disertai foto pemeran Nagini di film tersebut.

Setelah mendapat banyak komentar kritikan, akun Twitter Fantastic Beasts pun akhirnya menghapus cuitan serta foto tersebut dan menggantinya dengan cuitan serta foto yang benar.

Sebelumnya, persoalan rasisme terhadap Claudia Kim juga muncul ketika ia baru saja dikonfirmasi sebagai pemeran Nagini. Banyak para penggemar Harry Potter menyayangkan J.K. Rowling memilih aktris asal Korea tersebut berperan sebagai Nagini. Belum lama ini, aktris asal Korea Selatan ini juga menerima hal serupa dari seorang jurnalis saat wawancara promosi film. 

(dmp/JPC)

Silakan beri komentar.