Target Pajak Kendaraan Bermotor Capai 100 Persen

80
PENUHI TARGET: Kepala UPPD Demak, Retno Pantja Indah Wijani (tengah) bersama pihak Samsat Polres Demak bersyukur karena target pajak kendaraan bermotor tercapai. (WAHIB PRIBADI/RADARSEMARANG.ID)
PENUHI TARGET: Kepala UPPD Demak, Retno Pantja Indah Wijani (tengah) bersama pihak Samsat Polres Demak bersyukur karena target pajak kendaraan bermotor tercapai. (WAHIB PRIBADI/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Demak per 12 November 2018 lalu telah berhasil merealisasikan capaian target pajak kendaraan bermotor 100,08 persen. Kesuksesan ini ditandai dengan pelepasan PIN dikantor Samsat setempat.

Untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) target semula Rp 89,9 miliar terealisasi Rp 90,01 miliar (100,08 persen) dengan objek sebanyak 1.382. Kemudian, untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) target Rp 105 miliar terealisasi Rp 111,4 miliar (106,07 persen) dengan objek 99.

Kepala UPPD Demak, Retno Pantja Indah Wijani mengatakan, realisasi capaian target itu antara lain didukung dengan adanya penambahan titik layanan baru. “Sebelumnya, hanya 2 titik layanan. Setelah itu, ada penambahan titik lagi menjadi 4 titik,” katanya.

Yaitu, titik di Samsat malam, samsat paten Mijen, samsat paten Mranggen dan mobil samsat keliling. “Ini juga berkat kerjasama dengan instansi terkait, utamanya pihak kepolisian yang membantu pencapaian target tersebut,” katanya.

Dalam mencapai target itu, UPPD bersama pihak lain melakukan penagihan dari pintu ke pintu (door to door) serta melalui razia gabungan. “Dulu kala, rangking UPPD Demak berada diposisi 37. Sekarang rangking 2 se-Jateng,” katanya.

Kabid Pajak, Johan Ardianto menambahkan, BPPD Provinsi Jateng mengapresiasi UPPD Demak yang telah mencapai target 100,08 persen. “UPPD Demak urutan ke dua setelah UPPD Kota Magelang yang mencapai target 100 persen pada Oktober lalu. Kita berharap, UPPD Demak lebih semangat karena kita masih banyak menghadapi tunggakan pajak bermotor,” katanya. (hib/bas)