Rahasia di Balik Merahnya Semangka Untuk Cegah 5 Penyakit

55

JawaPos.com – Menikmati semangka di tengah teriknya matahari memang menyegarkan. Sebab, semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu memiliki kadar 92 persen.

Tapi, tahukah Anda kalau semangka memiliki segudang manfaat untuk kesehatan?

Semangka hanya mengandung 46 kalori per gelas dan tinggi akan vitamin C serta A. Sehingga masuk dalam salah satu buah  menyehatkan. Dilansir dari Healthline, Rabu (14/11), ada lima manfaat semangka yang berperan untuk kesehatan. Terlebih ada kandungan untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. 

buah semangka, semangka, manfaat semangka,
Kandungan lycopene yang ada di semangka dapat mencegah risiko kanker dalam tubuh. (Unsplash)

1. Membantu Mencegah Kanker

Semangkan memiliki lycopene. Kandungan lycopene ini di bisa mengurangi risiko kanker karena menurunkan faktor pertumbuhan insulin, yaitu protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Pertumbuhan insulin yang tinggi dapat menyebabkan kemungkinan kanker. Selain itu, cucurbitacin E yang terkandung pada semangka juga telah diteliti karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Faktor gaya hidup sehat, termasuk diet, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Beberapa nutrisi dalam semangka memiliki manfaat khusus untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Lalu dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif terhadap kolesterol.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang dapat menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral lainnya dalam semangka juga baik untuk jantung Anda. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

3. Dapat Menurunkan Peradangan 

Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya antioksidan anti-peradangan lycopene serta vitamin C. Sebagai antioksidan, lycopene juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Misalnya, membantu menunda timbulnya perkembangan penyakit Alzheimer.

4. Dapat Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Lycopene dapat mencegah degenerasi makula (penyakit mata) terkait usia. Penyakit ini merupakan masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa dengan usia lanjut. Peran lycopene sebagai senyawa antioksidan dan antiinflamasi dapat membantu mencegah degenerasi makula yang semakin memperburuk mata.

5. Dapat Membantu Meredakan Nyeri Otot

Citrulline, asam amino dalam semangka dapat mengurangi nyeri otot. Menariknya, jika dibuat jus semangka citrulline tersebut semakin lebih bisa terserap dengan baik kedalam tubuh. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa potensi citrulline yang ada dalam jus semangka bisa mengurangi rasa sakit otot dan pemulihan denyut jantung lebih cepat. Serta meningkatkan ketahanan latihan dan kinerja.

(Inr/JPC)

Silakan beri komentar.