MTs Al-Mu’min Lahirkan Generasi Berkarakter

148
LITERASI : Budaya literasi di MTs Al-Mu'min Muhammadiyah Tembarak.
LITERASI : Budaya literasi di MTs Al-Mu'min Muhammadiyah Tembarak.

RADARSEMARANG.ID, Madrasah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menjamin para santrinya pandai dalam bidang agama Islam dan memiliki akhlak yang baik. MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menjadi salah satu madrasah yang terbukti mampu menghasilkan santri dengan karakter utuh.

Melalui program tahfidnya, santri diarahkan untuk lebih mencintai Alquran dengan cara membaca dan menghafalnya. Target hafalan kelas tahfidz 9 juz dan kelas regular 2 juz dalam 3 tahun.

Untuk memupuk kecintaan terhadap lingkungan, santri difasilitasi dalam program Adiwiyata. Program ini salah satu hasil MoU dengan SMP Negeri 2 Magelang dalam kerja samanya pada bidang pendamping implementasi kurikulum 2013.

Selain itu, untuk melatih kemampuan santri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, santri diterjunkan untuk berdakwah dalam program praktik dakwah lapangan (PDL).

Menghadapi era industri 4.0, MTs Al-Mu’min membekali santrinya dalam program literasi. Berbagai karya santri telah dimuat pada media cetak maupun online. Sebut saja Mawar Ledya Serli yang karyanya banyak dimuat di media cetak Lontar, Cermin, Jawa Pos, dan berbagai media online Muhammadiyah, Harian Jateng, dan masih banyak lagi.

Mengawali tahun ajaran 2018/2019, MTs Al-Mu’min meraih 62 prestasi baik akademik, maupun non-akademik. Di tingkat kabupaten hingga nasional. Selama santri berproses di MTs Al-Mu’min, dibekali dengan 19 program unggulan dan dapat memilih sesuai minat masing-masing.
MTs Al-Mu’min berkomitmen turut serta dalam upaya melahirkan generasi yang berkarakter unggul. Sebut saja salah satunya Ustad Agus Efendi, MA yang saat ini menjadi salah satu penyuluh di Kemenag Temanggung dan ustad di Ponpes Al-Mu’min. (tim)