Menjawab Tantangan Zaman

60
PRAKTIKKAN ILMU : Praktik dakwah lapangan santriwati MA Al-Mu'min Muhammadiyah Tembarak di Srumbung, Muntilan Kabupaten Magelang.
PRAKTIKKAN ILMU : Praktik dakwah lapangan santriwati MA Al-Mu'min Muhammadiyah Tembarak di Srumbung, Muntilan Kabupaten Magelang.

RADARSEMARANG.ID, MA Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dalam mendidik para siswa mendasari dengan dasar-dasar diniyah. Bertujuan mengarahkan para siswa berkarakter yang terpatri dalam kepribadiannya.

MA Al-Mu’min Muhammadiyah mendidik para siswa selama dua puluh empat jam penuh berada dalam pengawasan para ustad atau guru. Mereka dididik di lingkungan lembaga pendidikan pondok pesantren, segala aktivitas yang dilakukan terawasi sepenuhnya oleh para guru.
Tiga Program Unggulan

Keunggulan yang dimiliki para siswa adalah mereka mempunyai keahlian khusus di bidang tahfidhul qur’an yang menjadi program unggulan. Target minimal dua belas juz selama tiga tahun siswa belajar tahfidz. Tiap hari berada dalam bimbingan para guru tahfidz yang selalu muroja’ah guna mengoreksi lafal, mahroj, tajwid, kelancaran dan teknis-teknis menghafal yang ideal menuju kelancaran hafalannya.

Kejuaraan tahfidz tingkat nasional dan internasional beberapa kali diraih oleh siswa. Ini membuktikan bahwa tahfidhul qur’an yang menjadi program unggulan mampu berbicara banyak hingga tingkat internasional.

Teknosaint juga menjadi unggulan merupakan pengembangan mata pelajaran ilmu-ilmu pasti terdiri dari pelajaran biologi, kimia, fisika, matematika dan TIK. Para siswa diajari menerapkan pelajaran-pelajaran tersebut ke dalam bentuk pengembangan dalam wujud hasil karya.

Teknosaint ini menjadi lebih dicintai dan dirindukan para siswa karena selalu ada hal-hal baru yang dijumpai di setipa tatap muka dan dipraktikkan ke berbagai hal.
PDL (Praktik Dakwah Lapangan) yang merupakan program pengabdian masyarakat wajib diikuti siswa kelas XII sebelum melaksanakan ujian akhir. Melalui program ini para siswa diterjunkan langsung di tengah masyarakat di berbagai daerah di luar Kabupaten Temanggung dan sekitarnya dalam jangka waktu tertentu.

Para siswa membaur dengan masyarakat dalam kegiatan keagamaan, sosial, pendidikan, pertanian dan perkebunan serta di bidang lain sesuai kondisi masyarakat setempat.
Dalam pelaksanaannya mempraktikkan ilmu–ilmu kepemimpinan, manajerial, organisasi dan berbagai jenis ilmu sosial yang berhubungan dengan masyarakat. (tim)