Pemkab Siapkan Pasar Darurat

27
LUDES: Pedagang mencoba menyelamatkan barang dagangannya dalam kebakaran Pasar Wiradesa Rabu (7/11) kemarin. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi melihat lokasi yang akan dijadikan pasar darurat.TAUFIK HIDAYAT/RADARSEMARANG.ID
LUDES: Pedagang mencoba menyelamatkan barang dagangannya dalam kebakaran Pasar Wiradesa Rabu (7/11) kemarin. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi melihat lokasi yang akan dijadikan pasar darurat.TAUFIK HIDAYAT/RADARSEMARANG.ID

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Sehari setelah kebakaran, Pemkab Pekalongan segera membangun pasar darurat untuk pedagang Pasar Wiradesa Blok Ekster atau eks Terminal. Saat melakukan tinjauan lapangan Bupati Pekalongan Asiup Kholbihi, bersama Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun, Ketua Komisi C DPRD, Munir menjelaskan bahwa pedagang Pasar Wiradesa yang terdampak kebakaran mencapai 400 orang.

Maka dalam minggu ini Pemda akan segera membuat pasar daruratagar para pedagang sayuran, sembako dan daging serta ikan dapat segera berjualan kembali.”Kita akan bangun pasar darurat sementara secepatnya, dalam minggu ini langsung kita data dan segera kita bangun pasar darurat agar para pedagang yang terkena musibah ini dapat beraktivitas kembali. Untuk lokasinya dekat dengan pasar induk, dan sudah saya instruksikan dengan dinas terkait, makanya saya datang dengan DPRD agar prosesnya cepat,” jelas Bupati Asip.

Bupati asip juga mengatakan bahwa Pasar Wiradesa, merupakan salah satu pasar terbesar yang berada di wilayah pantura dan telah masuk dalam daftar renovasi. Namun karena ada beberapa pertimbangan, maka renovasi di tangguhkan.

“Dengan adanya kebakaran ini, maka pemerintah akan mempercepat pengusulan renovasi Pasar Wiradesa secara bertahap, terutama kita bangun pasar darurat nya terlebih dahulu, agar pedagang dapat kembali beraktivitas,” kata Bupati Asip.

Sementara itu, Kepala Pasar Wiradesa, Eko Sulistyo, menandaskan bahwa saat ini pihaknya sedang mendata dan mmevalidasi para pedagang yang menjadi korban kebakaran Rabu (7/11) kemarin, setelah didata pihak akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, untuk membangun pasar darurat dengan segera.

“Dalam waktu dua hari ini pendataan para pedagang selesai, kita setiap hari koordinasi dengan pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, demikian juga dengan para pedagang korban kebakaran, sesuai perintah Bupati kami akan segera membangun Pasar Darurat dalam bulan ini,” tandas Eko. (thd/bas)

Silakan beri komentar.