Suka Tarian Jawa Klasik

36
Novia Rahmawati. (DOKUMEN PRIBADI)
Novia Rahmawati. (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.ID, NOVIA Rahmawati belum lama lalu terpilih menjadi juara III Putri Kebudayaan Indonesia 2018 yang digelar di Bandung. Bagi mahasiswi Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini, mengikuti pemilihan Putri Kebudayaan Indonesia adalah pengalaman yang berkesan dan tidak terlupakan. Sebelumnya, gadis yang hobi menari jawa klasik ini juga pernah meraih juara III Pemilihan Duta FBS Unnes 2018.

Dalam pemilihan itu, ada beberapa tahapan yang harus dilewati Novia. Saat tahap presentasi kebudayaan, ia memperoleh tema pelestarian kebudayaan melalui pendidikan. Sedangkan saat penampilan bakat, Novia menampilkan tarian Denok Kenang Semarangan. “Saya juga memeragakan nasional kostum yang menceritakan sosok Dewi Amba,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Novia mengaku sempat mengalami kesulitan saat persiapan ajang tersebut. Seperti saat mencari wardrobe, dan mencari sponsor untuk nasional kostum. Namun semua kesulitan itu akhirnya berbuah manis. Pada event tersebut, dara kelahiran Kebun Damar Lampung Timur, 17 Oktober 1999 ini berhasil meraih Putri Kebudayaan Indonesia Favorit Sosial Media.

Meskipun berasal dari luar pulau Jawa, Novia sangat menyukai tarian tradisional jawa klasik, terutama tarian klasik jawa Retno Pambudya. “Bagi saya, tarian yang menggambarkan sosok ratu yang bijaksana tersebut memiliki pembawaan tersendiri dan membuat perasaan jadi nyaman,” ujar Novia yang juga memiliki kesibukan lain sebagai model endorse dan tampil di atas catwalk. (mg41/aro)

Silakan beri komentar.