Tawarkan Pengobatan Tumor Otak Tanpa Operasi

110
JUAL TEKNOLOGI : Senior Manager International Business Development Sunway Medical Centre Faith Tang menjelaskan tentang fasilitas yang ada di Sunway Medical Centre Malaysia. (Adennyar Wycaksono/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID,SEMARANG – Kemajuan teknologi kesehatan di Malaysia tidak bisa dipandang sebelah mata. Sunway Medical Centre Malaysia misalnya, memiliki tekonologi pengobatan tumor otak tanpa operasi dengan menggunakan teknologi gamma knife ICON.

Senior Manager International Business Development Sunway Medical Centre Faith Tang, mengatakan teknik pengobatannya menggunakan tindakan sinar gamma dalam sebuah alat. Setelah pengobatan pasien langsung bisa pulang tanpa harus rawat inap untuk tumor size yang kecil,” katanya saat seminar penyakit umum jantung dan pembuluh darah di MG Setos Hotel, Sabtu (6/10/2010).

Sunway Medical Centre adalah rumah sakit pertama di Asia Tenggara yang memiliki leksell gamma knife Icon, sebuah mesin radiasi canggih yang dapat digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan neurologis dan kondisi otak yang biasanya membutuhkan bedah syaraf yang terbuka. Gamma Knife Icon TM adalah versi terbaru yang memungkinkan perawatan bertahap.

“Pasien hanya perlu tidur dalam alat gamma knife Icon, akan ada sekitar 192 sinar yang dipancarkan untuk membunuh sel-sel tumor,” ucapnya.
Dirinya pun mengklaim teknologi pengobatan tersebut tidak mahal. Biaya yang harus dikeluarkan jika berobat di Sunway Medical Centre Malaysia antara 33 ribu hingga 37 ribu ringgit Malaysia, atau jika dirupiahkan berkisar pada angka Rp108 juta.

Ia menyebut sejak diperkenalkan setahun lalu, telah ada sekitar 92 pasien yang sudah menjalani tindakan dengan gamma knife ICON. Para pasien tersebut, kata dia, dinyatakan berhasil terbebas dari tumor otak.

“RS Sunway adalah rumah sakit swasta dengan fasilitas terkini dan termodern yang dilengkapi dengan alat perawatan kanker. Di antaranya gamma knife Icon, truebeam STX, IORT (kanker payudara), da vinci (kanker prostat), brachytherapy (kanker cerviks), PET CT scan and spect-CT scan,”bebernya.

Dokter spesialis jantung Sunway Medical Centre Malaysia dr Mohd Kamal bin Mohd Arshad menambahkan, selain tumor dan kanker, penyakit kronis yang biasanya ia tangani adalah jenis cardiovasular atau jantung yang merupakan penyebab utama kematian di sebagian besar negara.

Menurutnya, penyakit jantung saat ini tidak hanya menyerang orang yang sudah berumur. Karena faktor risiko yang besar tentang gaya hidup, makanan dan genetika, pengidap usia penyakit jantung pun banyak ditemukan pada usia produktif mulai usia 30 tahun. (den/lis)

Silakan beri komentar.