Karding Dorong Desa Wisata

451
DESTINASI WISATA: Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding (kedua dari depan) berjalan lewat tangga menuju lokasi wisata Sidengok Desa Mranggen Kidul Kecamatan Bansari, Jumat (14/9)

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG- Pemerintah Desa (Pemdes) Mranggen Kidul Kecamatan Bansari Temanggung bersama warganya kini tengah mempersiapkan Desanya menjadi Desa wisata. Untuk mewujudkan hal tersebut, kini Pihak Desa bersama masyarakat tengah mempersiapkan insfrastruktur dan segala perangkatnya.

“Di Desa kami (Mranggen Kidul) memiliki dua potensi yang bisa kita jual, yakni; sendang sidengok dan piramida gumuk gede,” ucap Kepala Desa (Kades) Mranggen Kidul Sumiyati saat tasyakuran dan peresmian tangga jalan akses menuju embung Sidongok oleh Anggota Komisi III DPR RI Abdul Kadir Karding, Jumat (14/9).

Sumiyati menjelaskan, pembangunan embung sendiri dilakukan sejak tahun 2003, adapun pembangunan tangga jalan akses ke embung dilakukan pada tahun 2017 dan dilanjutkan pada tahun 2018. “Pembagunan pada tahun 2017 merupakan bantuan dari Kemenakertrans sebanyak 80 juta yang diupayakan Bapak Karding. Kemudian pembangunan pada tahun 2018 merupakan dana desa sebanyak 90 juta, adapun pengerjaanya kita lakukan secara swadaya masyarakat,” ungkapnya.

Sumiyati melanjutkan, selain insfrastruktur yang dipersiapkan, pihaknya juga telah memperkuat tim SDM Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa. “Kita juga telah menyiapkan arena jogging track, bisa untuk olahraga dan wisata. Nanti kita suguhi makanan, cemilan khas Desa Mranggen Kidul,” bebernya.

Tokoh masyarakat Desa Mranggen Kidul, Jayeng Wiro Susilo menambahkan, di embung tersebut airnya bagus, lokasinya bagus dan view (pemandanganya) juga bagus. Menurutnya, potensi yang luar biasa itu bisa menjadi wisata menarik untuk warga Temanggung dan sekitarnya. “Selain potensi yang bagus. Di embung tersebut juga memiliki nilai historis, bisa menjadi wisata budaya,” ucapnya.

Masih menurut Jayeng, pada tiap bulan besar (Dulhijjah) penanggalan jawa, di desanya juga digelar sadranan mengenang tokoh-tokoh Desa (leluhur Desa) yang telah berjasa di Desa tersebut dengan menampilkan pagelaran blendrong (kuda lumping klasik khas Mranggen Kidul).

Sementara itu, Abdul Kadir Karding menuturkan, pihaknya mengaku menyuport dan mendorong tumbuhnya wisata-wisata Desa di Wilayah Temanggung dan sekitarnya. “Di era sekarang ini, wisata merupakan kebutuhan. Saya kira, jika ini (embung Sidengok, red) dikelola serius, bisa menjadi alternatif wisata menarik bagi warga Temanggung, Wonosobo, Magelang dan sekitarnya,” ucapnya.

Masih menurut Karding, Desa Mranggen Kidul terletak di lereng Gunung Sindoro dan 80 persen warganya merupakan petani tembakau. Selain wisata embung, nanti bisa dikembangkan wisata edukasi pertanian tembakau. “Nanti bisa ditampilkan bagiamana cocok tanam, bagaimana proses perawatanya hingga panen, selain itu bisa disampaikan fungsi-fungsi tembakau apa saja. Kalau wisata Desa maju, banyak pengunjung, ekonomi masyarakat akan tumbuh bisa meningkatkan kesejahteraan warga,” tegas Sekjen DPP PKB itu. (san/ap)

Silakan beri komentar.