Butuh Ketelitian dan Detail

192
Jiyan Chandra Kurnianto (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
Jiyan Chandra Kurnianto (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID – Bagi seorang Jiyan Chandra Kurnianto, sales executive Hotel Horison Pekalongan, bekerja di bidang perhotelan ternyata tidak mudah. Dibutuhkan ketelitian dan detail untuk segala urusan.

“Saya kira dulu kerja di hotel mudah, ternyata butuh ketelitian tinggi. Karena jika asal bisa fatal akibatnya,” ucap pria kelahiran Pyongyang  14 Mei 1987 ini.

Jiyan biasa dipanggil, sebelumnya banyak berpetualang di berbagai bidang pekerjaan, berawal dari jurnalistik sebuah media internet erabaru.net di Jakarta pada 2009.

Kemudian bergelut di dunia perfilman dan modeling  hingga tahun 2010. Setelah itu berganti profesi menjadi subtitle translator di Indovison pada 2011. Dunia hotel menariknya pada tahun 2013, menjadi Front Office Hotel Horison Pekalongan.

“Hotel merupakan industri pelayanan yang memerlukan skill komunikasi yang bagus dengan customer. Selain itu bekerja di hotel memiliki jenjang karir yang sangat cepat dan dapat mengembangkan diri di tiap departemen,” urainya mengenai pilihannya berkarir di hotel.

Setelah menjalani di bidang Front Office rupanya berat. Karena menghandel komplain dan menghadapi tamu dengan selalu senyum, sopan dan santun apa pun reaksi tamunya.

Karir pria alumnus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jurusan Hubungan Internasional ini belanjut menjadi GSO di hotel Crown Plaza Semarang pada 2014, berpindah menjadi FDA di hotel Royal Ambarrukmo 2015, dan labuhannya terakhir menjadi Sales Executive Hotel Horison Pekalongan sejak 2016 sampai sekarang. “Awalnya merasa tidak betah di hotel tapi setelah menjalani 8 bulan ternyata kerja di hotel itu menarik dan memiliki potensi di bidang lain jika kita berminat,” katanya.

“Di dunia hotel saya mulai mengetahui pentingnya kerjasama tim yang solid dan informasi harus terus mengalir ke satu sama lain agar operasional hotel tetap prima,” sebut alumni SMA 1 Pemalang ini.

Karena bergerak dalam bidang komunikasi, Jiyan membekali skill nya dengan berbagai pelatihan. Sehingga bapak dua orang anak ini kini memiliki Certified Hypnotheraphy dari IBH (Indonesian Board of Hypnotherapy) dan Master of Holistic Healing and Meditation. (han/zal)

Silakan beri komentar.