Smartfren Kembangkan Teknologi 4G+, Koneksi Luas

200
TANPA BATAS : VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, sedang menjelaskan koneksi Smartfren 4G+ yang dapat diandalkan, meski di wilayah destinasi wisata perdesaan. (ISTIMEWA)
TANPA BATAS : VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, sedang menjelaskan koneksi Smartfren 4G+ yang dapat diandalkan, meski di wilayah destinasi wisata perdesaan. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, JOGJAKARTA-PT Smartfren Telecom Tbk kembali melakukan peningkatan teknologi jaringan, dalam menyambut era 5G. Kini, Smartfren mengimplementasikan teknologi terbaru 4G+ di jaringan LTE Advanced Smartfren, sehingga para pelanggan dapat merasakan kecepatan koneksi hingga 198Mbps.

VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, menambahkan bahwa kini pelanggan dapat menikmati beragam layanan digital dengan nyaman, mulai streaming video, bersosial media, chatting dan layanan berbasis video lebih nyaman. Selain itu, para vloggers dan bloggers juga dapat membuat dan meng-upload video secara cepat untuk memuaskan para follower-nya.

“Smartfren terus berkomitmen menghadirkan pengalaman komunikasi yang berbeda bagi pelanggannya. Dari sisi teknologi, kami mengumumkan bahwa Smartfren mengadopsi sistem jaringan yang paling mutakhir di era 4G LTE yaitu 4G+,” kata Munir dalam uji jaringan di destinasi wisata Candi Plaosan, Jumat (17/8) kemarin.

Kelebihan teknologi 4G+ ini dibanding dengan teknologi 4G pada umumnya adalah pada kecanggihan sistem operasionalnya yang mampu secara real time mengatur situasi dan kondisi jaringan dalam memberikan best effort pada aliran traffic data untuk pelanggan. Koneksi yang lebih luas akan membuat pelanggan merasakan kualitas yang lebih baik dan nyaman saat menggunakannya.

Teknologi tambahan pada 4G+ tersebut adalah implementasi masif Carrier Aggregations (CA), Multi Input Multi Output Antenna (MiMo), Quadratur Amplitude Modulations (QAM) dan Beam Forming (8T8R). Prinsipnya, semua teknologi tambahan tersebut berfungsi meningkatkan kecepatan dan stabilitas trafik data 4G LTE dengan teknologi penggabungan kanal frekuensi secara dinamis, memperbanyak I/O gate pada tiap BTS dan pengaturan transportasi paket datanya secara lebih efektif dan efisien. “Karena itulah, Smartfren dapat menghadirkan kecepatan konektivitas hingga 198Mbps dan menggunakan perangkat pelanggan dengan teknologi CAT9,” katanya.

GM Prepaid Smartfren, Ari Abdya menambahkan bahwa untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi pelanggannya, Smartfren juga menghadirkan paket internet kuota tanpa batas Super 4G Unlimited Rp 60.000 selama satu bulan penuh FUP 1GB/hari dengan kecepatan koneksi maksimal. Ini terbukti di destinasi wisata di area UKM pembuatan tahu Desa Taji, Plaosan Klaten, akses internet sangat bagus dan pengiriman data sangat lancar. (tya/ida)

Silakan beri komentar.