Koneksikan BRT dengan Semarang Zoo

760

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pemkot Semarang berencana membangun shelter Bus Rapid Transit (BRT) di kawasan Semarang Zoo. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berharap ada koneksi angkutan di area wisata tersebut.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan, pihaknya banyak menerima keluhan terkait akses Trans Semarang yang tidak sampai ke Semarang Zoo. Pasalnya Trans Senarang  yang disediakan pemerintah hanya sampai di Terminal Mangkang.

“Banyak pengunjung yang komplain, karena mereka harus berjalan atau naik angkutan dari terminal Mangkang menuju ke Semarang Zoo. Kami akan bangun shelter yang langsung ke Semarang Zoo,” katanya.

Namun pihaknya akan izin dulu kepada pemerintah pusat terkait median jalan. Mengingat jalur tersebut merupakan jalur nasional. Setelah mendapat izin, pihaknya berencana membangun shelter permanen. Shelter tersebut akan langsung terkoneksi dengan Semarang Zoo.”Rencananya ada gate atau pintu khusus sebagai akses masuk ke Semarang Zoo,” tambah Ade.

Terkait anggaran yang digunakan untuk membangun shelter tambahan tersebut, diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 120 juta yang diambil dari APBD Kota Semarang. “Bulan Agustus ini kami usahakan sudah clear, Kamis ini akan kami rapatkan. Kami juga berkoordinasi dengan Dinas PU untuk membantu meratakan median jalan,” pungkasnya.

Terpisah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta pelayanan BRT dimaksimalkan. Tidak hanya terkait kondisi armada, tapi juga shelter penumpang. Sebisa mungkin penempatannya strategis dan sesuai kebutuhan masyarakat. “Keluhan maupun masukkan dari masyarakat harus direspon dengan cepat. Jangan direspon secara lisan saja tapi tidak ada tindakan,” kata Hendi, sapaan akrabnya. (den/mg12/mg14/zal)