TB Serang 153 Orang

524

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Masyarakat diminta selalu waspada terhadap penyebaran penyakit tuberkulosis (TB). Balai Kesehatan Masyarakat (Balkemas) Wilayah Magelang mencatat, dari awal Januari hingga Juli 2018 ada 153 orang menderita TB. Satu di antaranya meninggal dunia. Sedangkan tahun 2017, tercatat 192 pasiennya positif TB dengan 4 kasus meninggal dunia.

Kasubag Tata Usaha, Balkemas Wilayah Magelang, Diah Rina Andriani, mengatakan, penyakit ini meluar melalui udara dari semburan titik-titik air liur pengidap TB aktif. Dengan demikian, bakteri mudah menyebar. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis (MTB) ini mudah menyerang anak-anak, karena daya tahan tubuh rendah. Biasanya anak-anak yang terinfeksi karena berada di lingkungan penderita.

“Sebetulnya, bakteri ini akan mati jika terkena sinar matahari langsung. Sebaliknya, jika lingkungan tidak bersih dan kurang mendapat sinar matahari atau lembab, bakteri ini mudah berkembang biak,” kata Rina, Selasa (31/7).

Upaya pencegahan penyakit TB terus dilakukan. Yakni dengan menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Tiap penderita harus melakukan pemeriksaan secara teratur, mengikuti etika bersin atau batuk dengan benar, memakai masker di tempat umum, dan pemakaian alat-alat makan disendirikan,” ujar Rina.

Yang paling penting, kata Rina, penderita harus menjalani pengobatan hingga tuntas. Jika penderita memutuskan untuk menghentikan pengobatan sebelum dinyatakan sembuh, dapat memicu kegagalan pengobatan. (mg26/mg25/put/ton)