Robot Beradu Bikin Gol

687
SEPAKBOLA ROBOT : Salah satu tim sedang bertanding dalam ajang Robot Soccer Competition untuk menunjukkan kebolehan robot rancangannya. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
SEPAKBOLA ROBOT : Salah satu tim sedang bertanding dalam ajang Robot Soccer Competition untuk menunjukkan kebolehan robot rancangannya. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sekitar 50 tim dari berbagai SMP se-Kota Magelang bertanding dalam acara Robot Soccer Competition yang dihelat Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang di Borobudur International Golf and Country Club, Rabu (25/7). Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengungkapkan, kegiatan ini merupakan langkah Pemkot Magelang dalam menumbuhkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di kalangan pelajar, sekaligus ajang apresiasi bagi para pelaku Iptek.

“Ternyata mereka itu mampu (membuat robot), padahal pengetahuan awal soal ini masih nol,” kata Arif, di sela acara.

Menurut Arif, kemampuan dan keterampilan para generasi milenial harus diarahkan. Saat kegiatan workshop robot sepakbola beberapa waktu lalu, mereka bisa mengikuti materi dengan cepat. “Di kegiatan ini, kita ajak mereka ini bermain sambil belajar, atau belajar sambil bermain dengan menyenangkan,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina menambahkan, kegiatan robotik konsisten diselenggarakan pemkot. Pada tahun lalu, pihaknya menyelenggarakan kompetisi roket air. “Melalui kompetisi seperti ini, sekolah bisa mengembangkan robot-robot hasil inovasi siswa mereka jadi lebih canggih,” tambahnya.

Sementara itu, peserta asal SMP Negeri 13 Magelang, Luki Prio Susilo, mengaku senang mengikuti kompetisi ini. Kendati timnya kalah dalam pertandingan awal, tak menyurutkan semangat untuk mengembangkan robot buatannya. (put/ton)