Gamjar-Yasin  Langsung Tancap Gas

656
SIAPKERJA : Ganjar-Yasin dan para partai pengusung dan pendukung saat penetapan pasangan terpilih dalam Pilgub Jateng 2018, di kantor KPU Jateng, Selasa (24/7). (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
SIAPKERJA : Ganjar-Yasin dan para partai pengusung dan pendukung saat penetapan pasangan terpilih dalam Pilgub Jateng 2018, di kantor KPU Jateng, Selasa (24/7). (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng secara resmi menetapkan Ganjar Pranowo-Taj Yasin sebagai pasangan calon terpilih Pilgub Jateng 2018. Ganjar-Yasin unggul dalam pilgub Jateng dengan 10.362.694 suara atau 58,78 persen. Sementara pasangan Sudirman-Ida mendapatkan 7.267.993 suara atau 41,22 persen. Ganjar-Yasin pun menegaskan akan amanah dan siap untuk membangun Jateng menjadi lebih baik.

“Dengan mengucapkan Bismillah, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah kami tetapkan,”  kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo dalam rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih di kantor KPU Jateng, kamarin.

Pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih direncanakan akan digelar pada 17 September 2018. “Pilgub 2018 tidak ada sengketa hasil pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Jadi KPU bisa langsung menetapkan pasangan calon terpilih. Setelah penetapan, pihaknya menyerahkan hasil rekapitulasi kepada DPRD Jateng,” ucapnya.

Ganjar Pranowo mengaku akan melanjutkan tugas yang masih tersisa di masa jabatan sebelumnya. Terutama terkait politik anggaran yang sudah mulai dibahas. Ganjar juga mengatakan tidak akan membentuk tim transisi.  “Saya bersama gus Yasin akan langsung siap bekerja untuk Jawa Tengah,” katanya.

Ganjar bahkan mengaku sudah mulai melakukan pengenalan pada Gus Yasin terkait dengan politik anggaran di Pemprov Jateng. Pengenalan politik anggaran itu sebagai salah satu cara agar apa yang menjadi program bersama pada periode kedua kali ini bisa terakomodasi secepatnya. “Dua kali beliau (Gus Yasin, red) sudah kita ajak untuk mencermati politik anggaran, karena saya tidak membentuk tim transisi,” tambahnya.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, mengaku akan langsung menjadwalkan rapat paripurna perihal persiapan pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng periode 2018-2013. DPRD akan gerak cepat merumuskan berita acara pelantikan mengingat telah mendapatkan berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jateng. “Kami akan menggelar rapat pimpinan untuk meminta Badan Musyawarah (Bamus) mengagendakan acara pelantikan gubernur-wakil gubernur,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah partai politik pendukung Ganjar-Taj Yasin hadir langsung. Seperti PDI Perjuangan, PPP dan Nasdem. Sementara calon Gubernur Jateng, Sudirman Said – Ida Fauziyah tidak menghadiri acara rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih. (fth/zal)