Banyak Berkas Bacaleg Belum Lengkap

404
SIAP BERTARUNG : Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amran menerima berkas pendaftaran bacaleg PDI Perjuangan yang diserahkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Budi Prayitno, Selasa (17/7). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
SIAP BERTARUNG : Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amran menerima berkas pendaftaran bacaleg PDI Perjuangan yang diserahkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Budi Prayitno, Selasa (17/7). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Seperti yang diprediksi sebelumnya, partai politik mendaftarkan bacaleg di hari terakhir, Selasa (17/7). Setelah diteliti, banyak berkas pendaftaran yang belum lengkap. Parpol dan bacaleg akan diberi waktu hingga 31 Juli 2018 mendatang untuk melengkapi persyaratan.

“Kelengkapan administrasi yang kurang di antaranya SKCK belum jadi, surat sehat belum jadi, ijazah kurang legalisir, KTP buram, dan banyak lainnya. Tanggal 20 Juli nanti kita umumkan keabsahan dan pemenuhan kekurangannya,” kata Komisioner KPU Kota Magelang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Singgih Harjanto di sela menerima berkas pendaftaran bacaleg, Selasa (17/7).

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amran mengungkapkan, ada dua berkas yang diserahkan oleh parpol ke KPU. Yakni berkas pencalonan dan berkas bakal calon. Rata-rata bacaleg masih kurang lengkap pada berkas bakal calon yang menginformasikan tentang riwayat hidup bakal calon. “Berkas bakal calon berisikan tentang syarat-syarat yang berkaitan dengan individu per bakal calon, seperti ijazah dan lainnya. Berkas ini masih boleh kurang lengkap asalkan sudah ada surat pernyataan bakal calon dan daftar riwayat hidup. Berkas kedua inilah yang masih banyak kurang lengkapnya dari para bakal calon,” beber Basmar.

Hingga pukul 16.00 WIB, sudah ada 7 parpol yang mendaftarakan bacalegnya ke KPU. Tercatat pada Senin (16/7), parpol yang sudah mendaftar adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Kemarin, giliran 5 parpol, yaitu Partai Demokrat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan). Partai lainnya masih ditunggu hingga pukul 24.00 semalam.

Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Magelang, Dian Mega Aryani didampingi Sekretaris Marjinugroho, mengaku mendaftarkan 25 bakal calon legislatif untuk bertarung dalam Pileg 2019 mendatang. Sebanyak 30 persen lebih adalah bakal calon dari kalangan perempuan. “Bakal calon perempuan tersebar di Magelang Utara 3 orang, Magelang Tengah 3 orang, dan 4 perempuan di Magelang Selatan. Kami optimistis dapat meraih 5 kursi dan siap membawa aspirasi masyarakat,” kata Dian.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Magelang Budi Prayitno mendaftarkan sebanyak 25 bacaleg yang bertarung di tiga Dapil. Rinciannya, dapil Magelang Selatan ada 8 orang dengan bacaleg perempuan 3 orang, dapil Magelang Tengah 10 orang dengan bacaleg perempuan 4 orang, dan dapil Magelang Utara 7 orang dengan 4 bacaleg perempuan. “Total komposisi perempuan di angka 40 persen,” jelas Budi yang memasang target bisa meraih 10 kursi. (had/ton)